Puluhan Pedagang di Pacet Jadi Duta Vaksin Polres Cianjur

Kapolres Cianjur bersama puluhan pedagang keliling berfoto bersama usai dilakukan vaksinasi sebagai duta vaksin Covid-19. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Puluhan pedagang keliling di wilayah Kecamatan Pacet dan Cipanas menjadi duta vaksin Covid-19 selama masa pandemi serta PPKM level di kabupaten Cianjur.

Para pedagang keliling berbagai jenis makanan itu direkrut dan dijadikan duta vaksin sebagai salah satu promotor sosialisasi akan pentingnya disuntik vaksin kepada masyarakat demi menekan angka penularan virus Corona hingga saat ini.

Kapolres Cianjur, AKBP Doni Hermawan mengatakan, dibentuknya duta vaksinasi yang menyasar para pedagang keliling ini merupakan salah satu upaya bersama untuk mensosialisasikan kembali kepada masyarakat luas bahwa pelaksanaan suntik vaksin Covid-19 itu aman dan baik demi menjaga imun tubuh dari virus Corona.

“Jadi dengan adanya duta vaksin ini harapan kami, para pedagang bisa kembali memberikan contoh serta edukasi baik kepada masyarakat sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19. Apalagi mereka yang notabene sering keliling, tentu sangat rentan terpapar Corona. Makanya ini harus dilakukan,” tuturnya, usai peninjauan giat vaksinasi di Pacet, Sabtu (28/8).

Dengan stimulasi di wilayah Kecamatan Pacet ini, tentu akan terus berlanjut digalakkan pula di daerah-daerah lainnya di kabupaten Cianjur. Sehingga dengan tersebarnya duta vaksin Covid-19 di seluruh tatar Santri ini, program gebyar vaksinasi bisa terealisasi secara maksimal.

“Tentu ini akan berlanjut di kecamatan-kecamatan lain di kabupaten Cianjur. Sehingga percepatan vaksinasi pemerintah kepada masyarakat bisa terwujud secara optimal,” katanya.

Selain itu, ia menambahkan, dengan inovasi seperti ini demi mendorong program vaksinasi Pemerintah, pihaknya sangat optimis bahwa percepatan membangun masyarakat sehat khususnya di Cianjur bisa tercapai.

“Selama ini antusias warga untuk divaksin Alhamdulillah sudah cukup baik. Mudah-mudahan ini bisa juga diikuti dengan ketersediaan dosis vaksin. Sehingga kekebalan tubuh (Herd immunity, red) masyarakat Cianjur setelah divaksin bisa tercapai,” tandasnya.

Salah seorang pedagang keliling, Opih Suhanda (34) mengaku bangga dan senang bisa menjadi bagian dari duta vaksin Covid-19 dari kalangan para pedagang. Bahkan ia mengungkapkan, sudah sangat ingin melakukan vaksinasi ini dari sebelum-sebelumnya.

“Bangga kang bisa menjadi duta vaksin dari kalangan pedagang. Karena memang suntik vaksin ini sudah saya inginkan dari kemarin-kemarin. Nah kebetulan sekarang ada waktu, iya saya ikut divaksin juga sekaligus menjadi duta vaksin di Pacet,” kata dia.

Lebih lanjut, setelah menjalani vaksinasi dosis pertama ini, dirinya juga akan mengajak kepada masyarakat dan rekan-rekan seprofesinya untuk sama-sama melaksanaan suntik vaksin Covid-19.

“Insya Allah saya akan ajak para pedagang lain, tetangga, dan pembeli untuk bersedia disuntik vaksin. Karena ini aman bagi kesehatan kita,” pungkasnya. (dan)