Warga Ciloto Gelar Drama Kabaret Untuk Sosialisasi Pencegahan Covid

Sejumlah warga Cinyawar Ciloto saat memerankan drama kabaret untuk mensosialisasikan pencegahan Covid-19.

RADARCIANJUR.com – Guna membantu pemerintah dalam menanggulangi pencegahan penyebaran Covid-19, Karangtaruna di Kampung Cinyawar, Desa Ciloto Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur menggelar pertunjukan drama Kabaret, Sabtu (28/8/2021) malam.

Hal tersebut dimaksudkan dalam rangka sosialisasi tentang pentingnya pencegahan Covid terutama terkait pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat.

Penulis Naskah Kabaret Tentang Edukasi Vaksin, Robi A Salim mengatakan, pagelaran ini merupakan salah satu upaya bersama antara pemerintah dan Karang Taruna dalam membantu mensosialisasikan pentingnya vaksinasi kepada masyarakat.

“Intinya pertunjukan ini untuk menggugah kesadaran terhadap masyarakat, khususnya warga Ciloto, umumnya bagi warga Cianjur terhadap kekhawatiran tentang vaksin,” ujarnya Sabtu (29/8/2021).

Alasan dilakukan sosialisasi ini melalui pagelaran Kabaret, menurut Robi, karena terkadang sebagian masyarakat masih mendengar rumor yang kurang baik di media sosial tentang vaksinasi.

“Jadi sebetulnya itu harus dihindari rumor hoak atau informasi yang belum tentu kebenarannya itu. Agar masyarakat mau divaksin, demi mencegah dan menumbuhkan kekebalan tubuh dari virus,” kata dia.

“Maka dari itu kami hadir membuat pertunjukan Kabaret atau seni ini dengan bertemakan ‘Sosialisasi Tentang Baiknya Kita Untuk Divaksin Agar Menjaga Imunity,” sambungnya.

Dalam persiapan pentas Kabaret pun, lanjut Robi, dilakukan sekitar dua pekan lamanya, yang dimulai dari pembuatan skenario dan latihan latihan. Karena memang antusias dari anak-anak Junior di sini yang membuat semangat untuk menunjukkan hal tersebut.

“Jadi saya sebagai yang paling tua diantara mereka, mengingatkan kita juga akan kesadaran terhadap potensi daripada anak-anak di Kampung Cinyawar Ciloto ini. Makanya kami terbuka sekali kepada mereka untuk terlibat dalam aksi seni itu,” katanya.

Terakhir dirinya berharap, dari sosialisasi yang digelar ini, tentu bukan hanya warga Cinyawar saja yang bisa menyosialisasikan tentang vaksin ini, tetapi masyarakat umum juga lebih peduli akan pemahaman pencegahan Covid-19 saat ini.

“Sosialisasi ini juga tidak hanya disalurkan melalui melalui seni drama, tapi dengan media lain pun bisa. Mudah-mudahan upaya ini bisa diterima masyarakat, meskipun kita tetap harus memerhatikan prokes saat acara,” tandasnya.

Kepala Desa Ciloto, Marwan mengatakan, pertunjukan kabaret yang sekaligus penutupan peringatan HUT RI ke-76 ini, tentunya bukan hanya semata-mata membuat acara kosong, tetapi para pemuda di Cinyawar berharap, ini bisa menjadi kegiatan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya vaksinasi.

“Pertunjukan itu sangat menggugah sekali untuk kami. Semoga bisa dijadikan kampanye untuk pemerintah daerah agar anak-anak kami ini bisa menjadi Duta vaksinasi di Desa Ciloto,” ujar Kades.

Tak hanya itu, ia mengungkapkan, bahwa tidak hanya wilayah Kampung Cinyawar saja yang fokus untuk mensosialisasikan hal serupa, namun di kampung lain pun ada, tapi saat ini difokuskan di Kampung Cinyawar untuk Kabaret kampanye vaksinasi di sini.

“Kedepannya mudah-mudahan kita akan melanjutkan ke tingkat desa. Nanti kita akan undang semua karang taruna Desa Ciloto untuk mengadakan acara kampanye vaksinasi seperti ini,” pungkasnya. (dan)