Aqua Dukung Turunkan Stunting di Kabupaten Cianjur

RADARCIANJUR.com – Stunting menunjukkan kekurangan gizi kronis yang terjadi selama periode awal pertumbuhan dan perkembangan anak. Tidak hanya tubuh pendek, stunting memiliki banyak dampak buruk untuk anak. Banyak orang berpikir bahwa tinggi seorang anak bergantung pada faktor genetik (keturunan) dan tidak banyak yang dapat dilakukan untuk mencegah atau memperbaikinya.

Sebenarnya pendek adalah kondisi serius yang terjadi saat seseorang tidak mendapatkan asupan bergizi dalam jumlah yang tepat dalam waktu yang lama (kronik), sehingga sebenarnya stunting dapat dicegah dengan asupan gizi yang memadai, terutama pada 1000 hari pertama kehidupannya. Penyebab dari stunting adalah rendahnya asupan gizi pada 1.000 hari pertama kehidupan, yakni sejak janin hingga bayi umur dua tahun.

Selain itu, buruknya fasilitas sanitasi, minimnya akses air bersih, dan kurangnya kebersihan lingkungan juga menjadi penyebab stunting. Kondisi kebersihan yang kurang terjaga membuat tubuh harus secara ekstra melawan sumber penyakit sehingga menghambat penyerapan gizi.

Stunting dapat dicegah, antara lain melalui pemenuhan kebutuhan gizi bagi ibu hamil, pemberian ASI eksklusif selama enam bulan kemudian dilanjutkan dengan MPASI. Orang tua juga diharapkan membawa balitanya secara rutin ke Posyandu, memenuhi kebutuhan air bersih, meningkatkan fasilitas sanitasi, serta menjaga kebersihan lingkungan. Inilah yang sedang tengah dilakukan pemerintah Kabupaten Cianjur melalui Satgas Stunting melakukan gerakan Turunkan Stunting.

Untuk melanjutkan program gerakan turunkan stunting Cianjur, Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur kembali melaksanakan launching “Tuntas” Turunkan Stunting, yang dilaksanakan di Desa Bunisari Kecamatan Warungkondang yang merupakan salah satu lokus stunting di Kabupaten Cianjur pada hari Kamis Tanggal 26 Agustus 2021.

Dalam sambutan Bupati Cianjur H. Herman Suherman mengajak dan menghimbau kepada semua elemen masyarakat termasuk perusahaan yang ada Cianjur untuk ikut berpartisifasi dalam program turunkan stunting. Perusahaan Aqua yang ada di Cianjur menyambut baik ajakan dan himbauan Bupati tersebut.

Sebagai perusahaan yang berkomitmen dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat melalui produk yang sehat dan dengan berbagai program, baik yang dilakukan ditingkat nasional maupun lokasi dimana pabrik Aqua berdiri. Sejak tahun 2017 Aqua Pabrik Cianjur, sudah ikut bagian dalam menurunkan angka stunting yang dilakukan di Kecamatan Gekbrong melalui Program Pencegahan Stunting yang diintegrasikan dengan program WASH ( Water Akses Acces Sanitation and Hygiene).
Sesuai dengan arahan Pemerintah Daerah melalui Bupati, Wakil Bupati dan Tim Satgas Pencegahan Stunting Kabuapten Cianjur, pada tahun tahun berikutnya Insya Alloh akan mengembangkan program ini ke Desa yang menjadi Lokus Stunting.

Demikian disampaikan Krisvan Sarendeng Kepala Pabrik Aqua Cianjur dalam sambutanya pada kegiatan launching “Turunkan Stunting” yang dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Cianjur.

“Dalam kesempatan yang baik ini, kami juga mengajak kepada seluruh perusahaan yang berada di Kabupaten Cianjur dan element masyarakat lain untuk bersama sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur untuk berperan aktif untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat salah satunya melalui program Pencegahan dan Turunkan Stunting untuk menuju Cianjur yang bebas stunting” demikan Krisvan Sarendeng mengahiri sambutannya. (dil)