Banyak Jabatan OPD Kosong, Bupati Lakukan Lelang

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com -Pasca pelantikan sejumlah pejabat esselon dua, Jumat (27/8) lalu, kini beredar di media sosial pengisi pelaksana tugas (Plt) sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Cianjur untuk mengisi kekosongan tersebut.

Sebelumnya, selain dikepalai oleh pejabat Plt, ada juga beberapa pejabat yang merangkap jabatan di beberapa OPD atau struktural pemerintahan.

Adapun sejumlah OPD yang saat ini masih belum memiliki kepala definitif yakni Dinas Kesehatan (Dinkes) Cianjur, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Cianjur, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Cianjur, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Cianjur.

Selanjutnya, Dinas Perhubungan (Dishub) Cianjur, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman Dan Pertanahan (DPKPP), Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Cianjur, Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Cianjur dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur.

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan, jika pihaknya sudah memerintahkan Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPPD) Cianjur untuk segera menggelar lelang jabatan.

“Saya perintahkan kepala BKPPD Kabupaten Cianjur untuk segera mengadakan lelang jabatan yang sekarang masih banyak diisi Plt, karena setelah konsultasi dari Mendagri harus rotasi dulu baru bisa lelang jabatan,” ujarnya.

Lanjutnya, bupati pun meminta para pejabat yang sudah menjalani rotasi agar tetap bekerja sesuai visi dan misi Kabupaten Cianjur. Herman menegaskan lelang jabatan harus segera dilaksanakan. “Segera laksanakan (lelang jabatan,red) agar kondisi Cianjur normal dan bisa melaksanakan khususnya dalam penanganan Covid-19,” tutupnya.

Sementara itu, beredar di media sosial sejumlah pengisi Plt esselon dua yang juga rangkap jabatan. Dalam susunan yang beredar itu sesuai surat keputusan (SK) Bupati Cianjur dengan titimangsa terhitung mulai tanggal (TMT), Jumat 27 Agustus 2021.

Sebelumnya, sebanyak 15 orang pejabat OPD menjalani proses pelantikan di Pendopo Kabupaten Cianjur. Pelantikan mengacu pada aturan Kemendagri dengan menggunakan protokol kesehatan yang hanya bisa diadakan dengan jumlah 15 orang pejabat, sementara sejumlah OPD di Kabupaten Cianjur masih diisi oleh Plt, padahal kebutuhan akan pejabat devinitif sangat diperlukan.

Pelantikan pejabat setingkat esselon dua dijadwalkan akan segera dilakukan, bahkan untuk pengisian sejumlah pejabat esselon tiga dan empat. “Program kerja sebelumnya dalam mendukung 100 hari kerja agar dilanjutkan kembali untuk lima tahun mendatang,” kata Bupati Cianjur, Herman Suherman berpesan dalam sambutan pelantikan.

Dia juga berpesan untuk terus gencar percepatan penanganan Covid-19. Ia menyebut, hal ini bukan hanya tugas Dinas Kesehatan Cianjur saja, tetapi tugas semua pihak. “Jadi sekali lagi, dituntut kepekaan pejabat yang baru ini. Tolong oleh kepala OPD baru ini lanjutkan pengabdian kepada masyarakat Cianjur,” ujarnya.(kim)