Alhamdulillah, PPKM Cianjur Turun ke Level 2

RADARCIANJUR.com- Perjuangan Kabupaten Cianjur mencapai level 2 di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuahkan hasil. Melalui Intruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 38 Tahun 2021. Merunut pada aturan, daerah yang PPKM Level 2, bisa melaksanakan pembelajaran di satuan pendidikan dapat dilakukan melalui pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dan atau pembelajaran jarak jauh berdasarkan Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 dan bagi satuan pendidikan yang melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas dilaksanakan dengan kapasitas maksimal 50 persen.

Untuk pelaksanaan kegiatan pada sektor non esensial diberlakukan 50 persen Work From Office (WFO) bagi pegawai yang sudah divaksin.

Esensial pada sektor pemerintahan yang memberikan pelayanan publik yang tidak bisa ditunda pelaksanaannya diberlakukan 50 persen maksimal staf WFO dengan protokol kesehatan secara ketat.

Kegiatan pada pusat perbelanjaan, mall dan pusat perdagangan dibuka dengan kapasitas maksimal 50 persen sampai dengan Pukul 21.00 WIB waktu setempat serta wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Bupati Cianjur, H Herman Suherman, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, baik itu OPD, Polri, TNI, organisasi kemasyarakatan dan warga Cianjur.

“Alhamdulillah, akhirnya Cianjur masuk level 2, semua berkat semua pihak yang terlibat. Saya secara pribadi mengucapkan terimakasih,” ujarnya.

Lanjutnya, masyarakat jangan terlalu euforia dengan ditetapkannya Cianjur PPKM Level 2.

“Saya imbau masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan dan 5 M, karena agar tetap menjaga level 2,” ungkapnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur, Cahyo Supriyo bersyukur dengan naiknya status Cianjur ke PPKM Level 2 setelah seminggu berada di level 4.

“Alhamdulillah kita penilaian dari pusat kita masuk PPKM Level 2 dan minimal mudah-mudahan minggu depan kita bertahan di level 2 atau naik ke level 1 artinya lebih bagus daripada sebelumnya,” terangnya.

Dirinya pun menegaskan, naiknya status Cianjur ke PPKM Level 2 adalah hasil kerja bersama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur, Forkopimda dan masyarakat Cianjur.

“Kita sama-sama menjaga jangan sampai penyebaran covid-19 meluas dan alhamdulillah bisa berjalan dengan baik,” jelasnya.

Ia menambahkan, Kabupaten Cianjur sudah terbiasa dengan penerapan protokol kesehatan. Oleh sebab itu, protokol kesehatan tetap harus diutamakan.

“Kedepannya kita akan segera membuka fasilisitas pariwisata dan pendidikan, kita sudah mulai mudah-mudahan minimal bertahan di level 2,” tutupnya. (kim)