PTM Terbatas Kembali Digelar di Cianjur, Tapi Tetap Dibatasi 50 Persen

BERSEMANGAT: Meski terbatas, PTM yang saat ini berjalan bisa mengobati kerinduan murid untuk kembali belajar di sekolah. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas sebelumnya di Kabupaten Cianjur sempat terhenti, pasalnya dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri, Cianjur masuk dalam level 4. Tentu kabar tersebut membuat lesu sejumlah murid.

Namun, ternyata hal tersebut hanya berlangsung satu minggu. Cianjur pun dinyatakan berada di level 2 dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Rencananya, PTM terbatas akan kembali dilakukan dengan kapasitas 50 persen dan secara bergilir dalam melakukan pembelajaran.

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan, pihaknya mempersilahkan PTM mulai dibuka 31 Agustus 2021 dengan kapasitas ruang kelas 50 persen.

“Sudah bisa melangsungkan PTM terbatas dengan kapasitas 50 persen tapi tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat,” ujarnya.

Sementara itu, Jubir Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal menambahkan, PTM terbatas sudah bisa dilaksanakan secara serentak.

“Mungkin bisa dimulai minggu ini serentak,” singkatnya.

Seperti halnya Bupati Cianjur, Yusman pun mengimbau kepada pihak sekolah agar tetap memperhatikan protokol kesehatan meskipun Cianjur berada di level 2.

“Tetap prokes itu harus, meskipun sudah berada di level 2. Jangan sampai terlena,” jelasnya.

“Semua persyaratan itu sudah ada di instrumen ketika mempersiapkan PTM terutama sarana prasarana sesuai prokes yang ditetapkan pusat dan SDM baik pendidik maupun peserta didik harus sudah divaksin,” sambungnya.

Selain itu, harus ada izin juga dari pihak wali murid atau orang tua. Karena masih ada orang tua yang belum mengizinkan. Sehingga pihak sekolah harus memfasilitasi pembelajaran secara hybrid atau tatap muka dibarengi dengan daring. (kim)