Sebanyak 37 Anggota DPP Pasar Cipanas Dipilih Secara Demokrasi

Panitia saat sedang menerima berkas tahapan pemilihan anggota Dewan Perwakilan Pedagang (DPP) Pasar Cipanas Cipanas. (Foto: Istimewa)

RADARCIANJUR.com – Pasar rakyat Cipanas telah melaksanakan tahapan pemilihan anggota Dewan Perwakilan Pedagang (DPP) untuk masa periode 2021 – 2024 secara demokratis yang berlangsung sejak beberapa pekan terakhir di masing-masing blok pasar.

Kasubbag Tata Usaha (TU) Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pasar Cipanas, Iman Rohiman mengatakan, pemilihan yang dilakukan ini merupakan salah satu upaya melaksanaan demokrasi kepada warga pasar khususnya bagi para pedagang yang nantinya memiliki dewan perwakilan pedagang atau DPP.

“Jadi pemilihan anggota DPP ini sudah dilakukan sejak pekan kemarin yang dimulai dari menyiapkan sejumlah calon di masing-masing blok pasar, kemudian dari perwakilan tersebut ditentukan lagi anggota DPP melalui pemilihan umum beberapa orang, sesuai kebutuhan di tiap blok pasar,” terangnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, setelah pemilihan anggota DPP pasar, tahapan kemudian, akan dipilih ketua DPP, bendahara, dan sekretaris sebagai pengurus DPP.

“Jadi setelah pemilihan anggota, selanjutnya akan dipilih secara demokrasi lagi menentukan ketua DPP dan pengurusnya,” kata dia.

Setelah dilaksanakannya pemilihan pengurus DPP, langkah selanjutnya kata Iman, yakni akan menentukan pengurus keamanan, ketertiban, kebersihan, keindahan, dan kenyamanan atau K5 Pasar Cipanas.

“Untuk selanjutnya setelah dibentuk DPP pasar, maka akan disiapkan pembentukan K5 pasar dalam mendukung pengelolaan pasar Cipanas demi terciptanya pelayanan prima kepada masyarakat,” tukasnya.

Ketua Panitia Pemilihan Anggota Perwakilan DPP Pasar Cipanas Periode 2021 – 2024, Wirfa mengatakan, terselenggara pemilihan ini dimulai dari adanya undangan Kepala UPTD Pasar Cipanas pada 12 Agustus 2021.

“Jadi karena kepengurusan DPP dan Koordinator K5 kemarin sudah habis masa kepengurusannya, kami kemudian melakukan pembentukan panitia pemilihan dengan menggelar rapat panitia yang beragendakan penyebaran formulir anggota perwakilan pedagang, pada Jum’at pekan kemarin,” tuturnya.

Lebih lanjut, Wirfa menjelaskan, rapat pertama yang dilakukan panitia yakni dengan bahasan terkait tata tertib pemilihan anggota perwakilan pedagang yang terdiri dari 10 blok, serta penentuan jumlah kuota perwakilan setiap blok atas dasar keterwakilan jumlah pedagang aktif yang berjualan di pasar ini.

“Jadi dari 10 blok yang mengikuti calon anggota DPP pasar Cipanas, di setiap keterwakilan itu calon anggotanya tidak sama. Namun yang telah dipilih, yakni sebanyak 37 Anggota DPP,” kata dia.

Setelah itu, panitia menggelar rapat kembali untuk pengesahan calon anggota perwakilan setiap blok dan diterima formulir kembali dari setiap blok.

“Jumlahnya 9 blok yang menyerahkan formulir calon sesuai kuota dan 1 blok lebih dari jumlah kuota,” ujarnya.

Setelah dilakukan pertemuan, kemudian disepakati calon dari setiap bloknya yang sesuai jumlah kuota. Namun jika ada yang melebihi dari kuota tersebut, maka perlu dilakukan sosialisasi dukungan calon anggota perwakilan ke setiap pedagang bloknya dan membubuhkan tanda tangan dukungan.

“Hampir rata-rata di setiap bloknya dibatasi kuota calon anggota DPP sebanyak empat. Sedangkan yang mengikuti calon anggota DPP pasar Cipanas sendiri, berjumlah 10 blok,” jelasnya.

Terakhir, pihaknya sangat berharap, ketika pelaksanaan pemilihan anggota perwakilan ini dilakukan dengan cara baik, maka tentu hasilnya pun yakin akan baik pula.

“Jadi setiap anggota itu bisa berperan aktif atas kelancaran aktifitas berdagang, juga dapat melakukan kontrol yang baik kepada kepengurusan Koordinator K5 yang nanti akan segera dipilih setelah pelaksanaan kepungurusan DPP Pasar Cipanas ini selesai,” pungkasnya. (dan)