Sekdis DPMD: Setelah 13 Tahun Lamanya, Cianjur Baru Kali Ini Lolos Lomba Terbaik di Provinsi

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa atau DPMD Kabupaten Cianjur, Asep Kusmana Wijaya. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa atau DPMD Kabupaten Cianjur mencatat, setelah kurun waktu sekitar 13 tahun lamanya Kota Tatar Santri tak pernah ada desa yang lolos dalam lomba terbaik tingkat provinsi, baru kali ini di tahun 2021, satu dari 360 desa di Cianjur, akhirnya mampu melenggang ke tiga besar lomba bergengsi itu, pasca menjuarai tingkat kabupaten belum lama ini.

Desa tersebut adalah desa yang berada di pusat kota Cipanas, Cianjur yakni Desa Cipanas, Kecamatan Cipanas.

“Jadi setahu saya setelah kurun waktu 13 tahun hingga kini, baru Desa Cipanas Kecamatan Cipanas yang kembali mampu masuk tiga besar lomba desa terbaik se Provinsi di tahun 2021 ini,” ujar Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa atau DPMD Kabupaten Cianjur, Asep Kusmana Wijaya, saat ditemui di Cipanas, Selasa (31/8/2021).

Lebih lanjut ia mengungkapkan, sempat pada sekitar tahun 2008 lalu, desa yang pernah masuk nominasi desa terbaik tingkat provinsi itu diraih oleh Desa Haurwangi, Kecamatan Bojongpicung, kabupaten Cianjur.

“Kalau saya gak salah, belasan tahun silam memang pernah ada yang menjuarai desa terbaik tingkat provinsi yakni Desa Haurwangi Bojongpicung,” kata dia.

Di sisi lain, ia mengatakan, adanya kedatangan tim verifikasi dan klarifikasi dari DPMD provinsi Jawa barat, ini merupakan tindak lanjut dari adanya lomba terbaik desa setelah beberapa waktu itu, Desa Cipanas menjadi juara kesatu desa terbaik di Kabupaten Cianjur. Terlebih setelah adanya sejumlah tahapan yang telah ditempuh hingga akhirnya kini masuk tiga besar desa terbaik tingkat provinsi.

“Kami berharap serta memohon doa dan dukungan dari masyarakat Cianjur, mudah-mudahan Desa Cipanas sebagai wakil dari Kabupaten Cianjur ini bisa menjuarai lomba tingkat desa provinsi Jawa barat tahun 2021, bahkan tingkat nasional,” harapnya.

Selain itu, dukungan yang diberikan pemerintah kabupaten (Pemkab) Cianjur dalam lomba desa tingkat provinsi pun, hanya memberikan pembinaan dan masukan kepada pemerintah Desa Cipanas. Karena memang ketentuan serta kebijakan pun tentu dipegang sepenuhnya oleh Pemprov Jabar.

“Kami disini hanya membantu pembinaan serta memberikan masukan terbaik dalam lomba Desa tingkat provinsi kepada pemerintah Desa Cipanas, karena sepenuhnya kebijakan dan penetapan itu dilakukan oleh Pemprov Jabar,” kata dia.

Meski begitu, pihaknya berharap, Desa Cipanas ini mudah-mudahan bisa kembali menorehkan prestasi yang mewakili kabupaten Cianjur untuk menjuarai lomba desa hingga membawa ke tingkat nasional.

Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kemendes Kecamatan Cipanas, Helmi Hilmansyah menambahkan, ditetapkan Desa Cipanas yang mewakili kabupaten Cianjur di lomba desa tingkat provinsi ini tak terlepas setelah melalui beberapa tahapan dan proses penilaian yang mengacu pada Permendagri 81 Tahun 2015.

“Ini merupakan upaya kita bersama antar seluruh unsur terkait di desa, Pemerintah Kecamatan, dan Pemkab Cianjur, termasuk kami sebagai pendamping desa. Mudah-mudahan Desa Cipanas ini dapat terpilih menjadi juara 1 desa terbaik tingkat provinsi Jawa barat,” harapnya. (dan)