Sempat Masuk Level 4, Satgas Tidak Ingin Ada Kesalahan Data

Kepala Bidang pencegahan dan pengendalian penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, dr. Yusman Faisal. Foto : Bayu Nurmuslim / Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com- Setalah mendapatkan Surat Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan nomor 38 Tahun 2021 Kabupaten Cianjur kini berstatus PPKM Level 2 setelah sebelumnya berstatus PPKM level 4 akibat ketidaksamaan data dengan kondisi dilapangan.

Status PPKM yang lebih baik membuat Pemerintah Kabupaten Cianjur tak ingin mengulangi kesalahan yang sempat membuat status PPKM terendah di Provinsi Jawa Barat.

Juru Bicara Satgas Penanganan Percepatan dan Penanggulangan Covid 19 Kabupaten Cianjur dr Yusman Faisal mengatakan, pihaknya bersyukur dengan status PPKM yang lebih baik.

“Jadi sebetulnya kalau melihat analisa situasi yang faktual (berdasarkan kenyataan : red) itu sebenarnya kita ada di level 2,”katanya.

Yusman menjelaskan kesalahan input data tidak boleh kembali dilakukan karena hal tersebut akan menyebabkan status Kabupaten Cianjur menjadi tidak baik.

“Sebetulnya itu terjadi karena ada tim dari provinsi datang selama 2 hari ke cianjur melakukan cleansing (pembersihan : red) data, banyak data kasus lama dimasukan saat itu. Pas minggu depannya itu penilaian minggu kemarin,”ujarnya.

Namun, Yusman menjelaskan tak ada pihak yang harus disalahkan. Karena semua telah bekerja dengan maksimal untuk Kabupaten Cianjur lebih baik.

“Ini kalau kita melihat secara keseluruhan sebetulnya upaya pemerintah pusat dan provinsi itu sudah bagus untuk menyamakan data
Hanya masalahnya sistemnya tidak integrasi masih berjalan masing-masing,”paparnya.

Saat ini menurut Yusman, Kabupaten Cianjur akan menerapkan aturan yang berbeda dengan perbedaan level 4 dan 2 saat ini

“Untuk Kabupaten Cianjur sekarang sudah level 2 sehingga berdampak pada beberapa sektor dengan dibukanya sekolah dan Pariwisata,”pungkasnya. (byu)