Fasilitas PJU Cianjur Rawan Pencurian

Beberapa Fasilitas PJU milik Pemkab Cianjur yang diambil tembaganya. Foto : dokumentasi Dishub Cianjur

RADARCIANJUR.com- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur mencatat sejumlah kabel penerangan jalan umum (PJU) rawan pencurian.

Aksi pencurian kabel lampu penerangan jalan umum (PJU) di sejumlah ruas jalan utama dan dalam kota Cianjur sehingga menyebabkan fasilitas penerangan umum tersebut padam.

Kepala Seksi Perlengkapan Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur, Nurman mengatakan aksi pencurian kabel lampu PJU itu terjadi di sejumlah ruas jalan di beberapa wilayah Kecamatan yakni Cianjur kota, Cipanas dan Karangtengah.

“Di antaranya Jalan Pangeran Hidayatullah, Jalan KH Abdullah bin Nuh, Raya Bandung (Sabandar), Jalan Raya Cianjur-Pacet, dan Jalan HOS Cokroaminoto,”katanya.

Ia menjelaskan, para pelaku menjalankan aksinya dengan cara menggali kabel lampu PJU yang tertanam di ruas-ruas jalan tersebut.

“Ratusan meter kabel lampu PJU berhasil dicuri, para pelaku menggali kabel yang tertanam di jalan utama dan dalam kota Cianjur,”ungkapnya.

Nurman berujar, minat para pelaku pencurian kabel tersebut untuk diambil bagian tembaganya kemudian dijual dengan harga tinggi.

“Memang saat ini harga tembaga perkilonya sedang mahal, hal tersebut menarik minat pencuri,”ujarnya.

Nurman menyebutkan, jajarannya tengah melakukan penyelidikan berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

“Patroli di jam-jam rawan kita gencarkan, termasuk berkoordinasi dengan Polres Cianjur untuk melakukan penyelidikan aksi pencurian tersebut dan menghitung kerugian materil,”ungkapnya.

Untuk menanggulangi kejadian serupa pihaknya meminta masyarakat agar ikut terlibat dalam menjaga fasilitas umum untuk kenyamanan dan keamanan.

“Laporkan jika melihat ada aktivitas yang dinilai melanggar atau berpotensi terjadinya aksi pencurian,”imbaunya.

Akibat aksi pencurian kabel tersebut membuat pihaknya beberapa kali melakukan perbaikan.

“Kami juga tengah melakukan perbaikan di sejumlah titik agar lampu PJU kembali menyala untuk memberikan keamanan dan kenyamanan masyarakat dan pengguna jalan,”pungkasnya. (byu)