PMCK Sambut Cisel Jadi DOB. Akan Kawal Sampai Terwujud

Pemekaran Cianjur

RADARCIANJUR.com- Cianjur Selatan yang sudah dalam pengkajian untuk menjadi daerah otonomi baru (DOB) membuat Paguyuban Masyarakat Cianjur Kidul (PMCK) turut berbahagia. Pasalnya, selama bertahun-tahun berupaya dalam pemekaran akhirnya dapat terwujud.

Namun PMCK tetap harus bersabar terlebih dahulu, pasalnya saat ini moratorium belum dicabut dan pengajuan masih membutuhkan proses yang rencananya akan dilakukan pada tahun 2022 mendatang.

Ketua PMCK, Ceng Badri mengatakan, hal tersebut sebagai representasi aspiraasi dari masyarakat Cisel dan pihaknya bersyukur bahwa keseriusan DOB kembali digaungkan.

“Kami tentunya berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur dan tim teknis yang dibentuk Bupati Cianjur yang sangat terasa adanya percepatan proses aspirasi masyarakat Cisel,” ujarnya.

Meskipun masih ada persyaratan yang harus dijalani, pihaknya akan mengawal proses yang berjalan. Lebih lanjut dirinya menjelaskan, Cisel memiliki poin tinggi dibanding daerah lain yang mengajukan DOB.

“Skor Cisel itu tertinggi yakni 355, yang lain di bawah Cisel. Kami memahami skor yang belum mencapai target karena adanya gangguan teknis dari aplikasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),” ungkapnya.

Lanjut Badri, pihaknya tidak mempermasalahkan skor yang diterima Cisel, pihaknya percaya kepada pemerintah untuk merealisasikan DOB Cisel. Pihaknya pun optimis proses tersebut bisa sesuai dengan apa yang diharapkan.

“Kewajiban kita bukan hanya mengawal di tingkat daerah, provinsi maupun pusat, tapi kita memberikan masukan-masukan dan terus dikawal hingga menjadi daerah otonomi baru agar tidak salah arah,” tutupnya. (kim)