Ratusan Pelajar SMP di Cipanas Mulai Divaksin Covid-19 Pertama

Para pelajar di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Cipanas menjalani vaksinasi Covid-19 tahap pertama. Foto: Istimewa

RADARCIANJUR.com – Ratusan pelajar SMP di wilayah Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur disuntik vaksin Covid-19. Hal itu dilakukan dalam Gebyar Vaksinasi yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur, Kamis (2/9/2021).

Kepala Puskesmas Cipanas Dewi Ratih menyebutkan, pelaksanaan gebyar vaksinasi ini merupakan lanjutan program pemerintah bersama dinas kesehatan serta unsur terkait lainnya jelang kembali pembelajaran tatap muka secara normal di masa adaptasi kebiasaan baru atau dengan penerapan Prokes ketat.

“Jadi kami itu sebetulnya sudah melaksanakan Gebyar vaksinasi kepada remaja atau pelajar di SMK 1 Cipanas dan beberapa sekolah lainnya kemudian hari ini sebanyak 300 dosis kami berikan ke pelajar di SMPN 2 Cipanas,” kata Dewi, Kamis (2/9).

Untuk suntik vaksin Covid-19 selanjutnya, kata Dewi akan segera dilaksanakan di beberapa sekolah lainnya di wilayah Kecamatan Cipanas ini setelah dilakukan pengajuan pengadaan dosis vaksin ke Dinas kesehatan Kabupaten Cianjur.

“Jadi untuk selanjutnya kami ajukan dulu ke Dinkes baru kami lakukan vaksinasi ke beberapa sekolah lainnya yang telah mengajukan kepada kami,” kata dia.

Selain itu, ia juga sangat mengimbau kepada para pelajar yang telah menjalani suntik vaksin, tetap menerapkan protokol kesehatan di kehidupan sehari-hari terlebih dalam pelaksanaan pembelajaran nanti.

“Kami tetap mengimbau kepada para pelajar semua meskipun sudah divaksin, mereka harus selalu menerapkan protokol kesehatan. Sehingga kegiatan belajar mengajar di sekolah bisa terus berjalan seperti sediakala,” ujarnya.

Kepala SMPN 2 Cipanas, Gatot Sunyoto M.pd mengatakan, pemberian dosis vaksin Covid-19 pertama ini menyasar terlebih dahulu kepada siswa IX yakni sebanyak 300 dosis. Yang kedepannya diharapkan bisa berlanjut kepada siswa VII dan VIII.

“Ini merupakan syarat sebelum pelaksanaan pembelajaran tatap muka. Maka diharapkan para siswa di SMPN 2 Cipanas semuanya bisa segera disuntik vaksin,” kata dia, Kamis (2/9).

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, untuk pelaksanaan vaksinasi dosis kedua nanti, menurut informasi, bakal digelar kembali setelah 28 hari.

“Jadi untuk vaksin kedua itu akan dilaksanakan setelah 28 hari para pelajar diistirahatkan,” ujarnya.

Ia menambahkan, meskipun selama hampir dua tahun ini KBM lebih didominasi melalui daring atau secara online, namun kini dengan terus menerapkan anjuran Pemerintah, pembelajaran tatap muka segera dimulai secara normal.

“Harapan kami semua proses KBM bisa kembali berjalan secara normal seperti sebelum pandemi. Karena hal tersebut diharapkan pula oleh para siswa dan orangtuanya. Mudah-mudahan pandemi Covid-19 bisa segera usai,” pungkasnya. (dan)