Tim Maung Cianjur Siap Buru Para Pelaku Kejahatan Jalanan

TUGAS KHUSUS: Polres Cianjur membentuk tim khusus yang menangani kejahatan jalanan yakni Tim Maung Cianjur (TMC). (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Kepolisian Resor (Polres) Cianjur nampaknya akan serius dalam menyikapi permasalahan kejahatan jalanan di Kota Santri dengan membentuk tim khusus yakni Tim Maung Cianjur (TMC). Maung sendiri merupakan singkatan dari Melayani dan Melindungi dari berbagai tindak kejahatan khususnya di jam rawan yakni pada malam hari.

Tim tersebut berjumlah 30 anggota kepolisian dari berbagai kesatuan dan dibagi menjadi dua tim. Nantinya, tim tersebut akan berpatroli di seputaran jalanan Cianjur. Bahkan, selain berpatroli, jika ada laporan dari masyarakat tim tersebut langsung bergerak ke lokasi yang dilaporkan.

Kapolres Cianjur, AKBP Doni Hermawan mengatakan, pembentukan tim tersebut sebagai upaya deteksi tindak kejahatan jalanan terlebih pada jam rawan. Nantinya akan disebar ke beberapa titik dan tidak ditentukan waktunya.

“Kejahatan jalanan memang cukup membuat resah masyarakat khususnya di jam-jam rawan. Tim tersebut dipilih dengan kualitas dan kemampuan khusus,” ujarnya.

Selain itu, TMC dibekali senjata lengkap dan perlengkapan selama bertugas di lapangan. Lebih lanjut, agar masyarakat mudah mengakses, akan disebar nomor pengaduan.

“Kita bekali senjata lengkap anggota yang bertugas dan masyarakat bisa menginformasikan kapanpun,” terangnya.

TMC akan menjalankan tugas perdananya pada akhir pekan yang diduga sering terjadi kejahatan jalanan. Namun, fokus TMC bukan hanya kejahatan jalanan, tapi turut menyasar kejahatan lainnya.

“Fokusnya ke kejahatan jalanan, tapi kalau ada kejahatan lainnya yang dilaporkan bisa ditangani sebagai penanganan awal,” tutupnya. (kim)