Jalur Puncak Macet, Okupansi Hotel Jadi Naik

Ilustrasi Hotel
Ilustrasi

RADARCIANJUR.com – Pasca penerapan PPKM level 3 hingga sempat naik ke level 4, hampir dua pekan terakhir jalur Puncak Cipanas Cianjur kembali mulai menggeliat. Bahkan tampak volume kendaraan di Jalan protokol Cipanas pun meningkat.

Hal tersebut berimbas positif terhadap para pembisnis hotel dan penginapan yang tampak sumringah karena okupansi hotel mereka perlahan naik.

“Minggu kemarin okupansi kita naik 15 persen dibandingkan pekan sebelumnya yang mencapai 65 persen. Jadi secara persentase pekan ini di hotel kami mencapai 75 persen,” ujar Manager Marcom Le Eminence Puncak Ciloto, M. Riski Sutrisna, Senin (6/9/2021).

Menurutnya, selain adanya kemacetan di ruas jalan protokol Cipanas, kemungkinan adanya pemberlakuan pelonggaran dan ganjil genap kendaraan turut memicu hal positif bagi pelaku usaha, salah satunya hotel.

“Kalau secara umum rata-rata pengunjung hotel yang menginap itu memang sudah reservasi sebelumnya. Tapi ada juga sebagian dari tamu yang khawatir adanya ganjil genap saat mau kembali pulang, makanya mereka ada yang tambah hari lagi,” tuturnya.

Ia juga mengatakan, geliatnya pengunjung yang datang khususnya ke hotel bintang lima itu setelah Cianjur berada di posisi level tiga, kurang lebih di pertengahan bulan Agustus kemarin dan awal September ini.

“Jadi setelah level dua kemarin, saat itulah tamu hotel yang datang mulai meningkat. Bahkan jika nanti Cianjur turun lagi ke level satu, kemungkinan besar akan kembali normal lagi,” ujarnya.

Menurut Riski, ketika Kabupaten Cianjur ini bertahan di zona hijau, maka tingkat penghasilan yang diraih bagi para pelaku usaha khususnya sektor hotel pun akan terus meningkat. Dengan begitu secara otomatis pula capaian target pajak yang akan disetorkan ke Pemkab akan maksimal.

“Alhamdulillah saat ini sudah mulai adalagi yang melakukan even-even kecil, meeting room dengan kapasitas yang telah ditentukan oleh kebijakan masing-masing daerah,” katanya.

Marketing Communication (Marcomm) Palace Hotel Cipanas, Mira mengatakan, kenaikan tingkat hunian di saat weekend pekan kemarin memang terus mengalami kenaikan. Peningkatan itu mencapai 70 persen.

“Pekan kemarin di weekend itu sudah mulai meningkat hingga mencapai 70 persen dari total kamar,” kata dia.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, meski terjadinya peningkatan okupansi, pihak hotel tetap menerapkan Prokes secara ketat, yang dimulai dari pengecekan suhu tubuh, menyediakan hand sanitizer, dan tempat cuci tangan, serta diwajibkan kepada pengunjung hotel untuk menunjukkan hasil vaksinasi.

“Jadi bagi para tamu yang menginap, harus menunjukkan bukti surat vaksinasi selain daripada penerapan Prokes yang selama ini tetap dijalankan,” kata dia. (dan)