Sudah Ribuan Kendaraan Diputar Balik di Perbatasan Cianjur-Bogor

MULAI RAMAI: Upaya antisipasi lonjakan mobilitas wisatawan, Satlantas Polres Cianjur memberlakukan ganjil genap di perbatasan Cianjur-Bogor. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Selama penyekatan di perbatasan Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bogor, tak sedikit kendaraan yang diputar balik oleh petugas yang berjaga di perbatasan. Kendaraan tersebut lebih didominasi oleh wisatawan.

Dari data yang terhimpun, 23.802 kendaraan mendapatkan pemeriksaan dan kurang lebih 6.800 diputar balik karena tanpa ada kepentingan jelas memasuki Kabupaten Cianjur.

Kepala Satuan Lalulintas (Kasatlantas) Polres Cianjur, AKP Mangku Anom mengatakan, kendaraan lebih didominasi roda empat dibanding roda dua.

“Kalau yang melintas itu selama penyekatan sebelumnya kebanyakan dari wisatawan, kita periksa apakah memiliki kartu vaksin dan surat antigen atau tidak, jika tidak kita putar balik,” ujarnya.

Selain itu, rata-rata kendaraan berasal dari luar kota atau luar Cianjur yang memang secara sengaja menghabiskan waktu akhir pekannya di kawasan wisata seputaran Cipanas.

Namun, jika pengendara memiliki kelengkapan surat hingga keterangan vaksin dan antigen, pengendara dipersilahkan untuk melintas.

“Yang terpenting pengendara aman dari Covid-19 dan memiliki hasil negatif antigen,” ungkapnya.

Hingga saat ini, Cianjur memang sudah membuka tempat wisata dengan kapasitas 50 persen dikarenakan sudah berada di level 2. Namun, tetap harus dengan protokol kesehatan dan menunjukan hasil antigen serta telah menerima vaksinasi minimal dosis pertama.

Bukan hanya pengunjung, pihak tempat wisata pun sudah harus memberikan fasilitas protokol kesehatan (prokes) dan menutup masuknya pengunjung jika sudah batas kapasitas yang ditentukan. (kim)