Disperindag Cianjur Bahas Rencana Spot Wisata Pemandian Air Panas di Pasar Cipanas

Diskoperindag Kabupaten Cianjur bersama unsur terkait tengah membahas rencana pengadaan spot wisata pemandian air panas di pasar rakyat Cipanas. Foto: Istimewa

RADARCIANJUR.com – Rencana pembangunan pemandian air panas yang akan menjadi salah satu fasilitas umum di kawasan Pasar Rakyat Cipanas mulai dibahas antara Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Cianjur bersama Kepala UPTD Pasar Cipanas dan beberapa unsur terkait lainnya, Selasa (7/9/2021).

Kepala Bidang Perdagangan Diskoperindag Kabupaten Cianjur, Nana Rukmana mengatakan, pembahasan rencana pengadaan tempat pemandian air panas itu baru sebatas keinginan dari pihak pasar demi mendongkrak perekonomian di kawasan pasar. Sehingga diharapkan, bagi para pengunjung yang datang, bisa sembari mengunjungi wahana tersebut.

“Jadi nantinya di saat para pengunjung pasar membawa putra putrinya berbelanja, bisa sambil mengajak untuk mandi air panas di kawasan pasar itu. Sehingga pendapatan dari pengelolaan pasar bisa lebih meningkat,” kata Nana saat dihubungi Rabu (8/9).

Meski begitu, pihaknya mengaku, rencana tersebut masih dalam tahap kajian yang terus dibahas antar sejumlah unsur termasuk dari pengembang atau pihak ketiga yang nantinya bakal terlibat.

“Sebetulnya ini masih tahap rencana, dan kajian bersama. Belum sampai penyetujuan apalagi teknis pembangunan. Yang jelas, ini keinginan bersama demi menunjang fasilitas di pasar yang telah ber-SNI itu,” ujarnya.

Meski demikian, pihaknya berharap, kajian serta penyusunan persyaratan yang harus ditempuh mesti sesuai aturan dan anggaran yang disepakati bersama.

Kasubbag Tata Usaha Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pasar Cipanas, Iman Rohiman mengatakan bahwa rencana tersebut memang sudah jauh-jauh hari dibahas di internal pasar. Namun masih terkendala anggaran serta modal yang akan dialokasikan bagi spot wisata di pasar Cipanas ini.

Pihaknya justru berharap, dengan rencana tersebut, ada investor atau pemodal swasta yang bersedia membangun spot pemandian air panas di dalam pasar ini. Sehingga ketika telah ada, secara otomatis akan berpengaruh terhadap para pedagang dan pendapatan pasar bagi PAD Cianjur.

“Yakin kang, kalau sudah ada tempat rekreasi semacam kolam pemandian air panas, pedagang lain di sekitar akan terpengaruh positif. Bahkan PAD yang diberikan bagi Pemkab pun jelas akan meningkat,” kata dia.

Ia menyebutkan, lahan yang akan direncanakan spot wisata tersebut terletak di lantai basemen pasar. Dengan estimasi luas sekitar ratusan meter persegi.

“Kan selama ini di kita itu ada sumber air panas. Nah, dengan potensi tersebut, kami dari UPTD, DPP dan K5 pasar ingin mewujudkan inovasi itu supaya pasar rakyat Cipanas lebih ramai, dan maju. Apalagi kini telah menjadi salah satu pasar berstandar Nasional Indonesia (SNI),” tandasnya. (dan)