Bupati Cianjur Apresiasi Kedatangan Mentan ke Balithi

Bupati Cianjur Herman Suherman saat memberikan sambutan di hadapan Menteri Pertanian RI, di Balithi. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Bupati Cianjur, Herman Suherman mengapresiasi serta berterima kasih atas kesediaannya Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo beserta jajaran dalam melakukan kunjungan ke Badan Penelitian Tanaman Hias (Balithi) Kecamatan Pacet, Cianjur, Kamis (9/9/2021).

“Kami atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Cianjur mengapresiasi dan berterima kasih atas kedatangan Menteri Pertanian beserta jajaran Kementerian Pertanian termasuk Balitbang pertanian ke Balithi Pacet ini, semoga dengan kunjungan dan sejumlah bantuan yang diberikan untuk kabupaten Cianjur ini dapat meningkatkan percepatan ekonomi khususnya dalam sektor pertanian dan holtikultura,” tutur Herman dalam sambutannya, Kamis (9/9).

Lebih lanjut Herman mengatakan, penyelenggaraan kegiatan ini tentu memiliki arti strategis di pusat pembangunan, khususnya untuk bidang pertanian.

“Saya berharap kiranya kunjungan ini dapat mengembangkan para petani dan pelaku usaha holtikultura dalam rangka meningkatkan ekonomi produktif dan meningkatkan pendapatan para petani di Cianjur,” kata Herman.

Tak hanya itu, di hadapan Mentan, Herman juga menyampaikan bahwa secara administratif, Kabupaten Cianjur itu dibagi kedalam 32 Kecamatan dan 360 desa.

Dimana, lanjutnya, sesuai dengan kondisi geografis pun Kota Tatar Santri ini bisa disebut kedalam daerah agraris, yang memiliki profesi sebagai petani yang cukup besar, yakni sekitar 52 persen sektor pertanian, dan 42 persen dilingkup sektor perdagangan, serta sisanya mencakup bidang umum.

“Jadi untuk sektor pertanian sebetulnya Cianjur itu menjadi salah satu unggulan di daerah. Contohnya saja adalah beras pandan wangi, dimana beras tersebut sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara,” katanya.

Dengan begitu, Pemerintah Kabupaten Cianjur pun akan secara konsisten dan membudayakan pengembangan sekaligus melestarikan varietas beras pandan wangi Cianjur ini hingga nanti.

“Jadi untuk beras pandan wangi ini bukan hanya untuk pengembangkan di Kabupaten Cianjur saja, tetapi untuk seluruh daerah di Indonesia,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, dalam situasi pandemi covid 19 saat ini, kiranya Bapak Menteri Pertanian bisa memberikan dukungan serta bantuan untuk sektor pertanian khususnya bagi kabupaten Cianjur, sehingga masyarakat Cianjur dapat dipercaya untuk pengembangan secara serius bidang pertanian ini.

“Jadi pak Menteri, Kabupaten Cianjur Alhamdulillah sudah dua minggu ini masuk dalam kategori daerah yang cukup aman penyebaran Covid-19. Bahkan perekonomian pun sudah mulai menggeliat. Apalagi sektor pertanian di sini, cukup rendah terkena dampak pendemi ini,” pungkasnya. (dan)