Longsor di Cugenang, Sebagian Bangunan UPZ Cugenang Jebol

Sebagian bangunan kantor UPZ Kecamatan Cugenang tampak rusak, pasca tertimpa material longsor, malam Rabu. Foto: Istimewa

RADARCIANJUR.com – Sebagian bangunan kantor Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur jebol akibat material longsor yang menerjang pada Rabu (8/9/2021) malam.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Moch Irfan Sofyan mengatakan, peristiwa itu terjadi saat hujan deras mengguyur lokasi kejadian di Kampung Cugenang, RT 03/RW01, Desa Cijedil, Kecamatan Cugenangi pada pukul 15.05 WIB.

Saat itu tebing di belakang gedung UPZ ambrol hingga menjebol bangunan bagian belakang kantor. Separuh roboh akibat tertimbun tebing yang longsor dengan panjang 15 meter dan lebar 5 meter.

“Bagian bangunan belakang UPZ yang jebol sekitar 2 meter, tinggi 2 meter. Material longsoran masuk ke dalam ruangan,” kata Irfan.

Menurut kabar, tak ada korban jiwa akibat bencana longsor ini lantaran saat kejadian tidak ada orang di dalam Kantor UPZ Kecamatan Cugenang.

“Jadi pada saat bencana tersebut beruntung, masyarakat sekitar dan petugas segara mengantisipasi dan membereskan longsoran tanah yang masuk ke dalam bangunan. Sehingga Alhamdulillah tak ada korban jiwa,” ujarnya.

Irfan menambahkan, kebutuhan yang mendesak saat ini berupa terpal untuk menutupi longsoran yang menimpa tebing belakang bangunan.

“Masyarakat membantu membersihkan longsoran tanah dan air. Petugas mungkin akan terus berada di lokasi untuk membantu sampai besok membereskan,” tandasnya.

Kepala UPZ Kecamatan Cugenang, Muchtar membenarkan adanya longsoran tanah dan sejumlah material pohon yang menjebol bangunan di bagian kantor bendahara itu. Namun, beruntung tak ada korban jiwa.

“Jadi material longsor masuk menjebol bangunan di bagian ruangan bendahara. Bahkan hampir seluruh berkas yang ada di ruangan tersebut rusak dan kotor karena tertimpa longsoran,” ujarnya. (dan)