Mentan Minta Setiap Hotel Gunakan Tanaman Hias Asal Indonesia

Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo saat diwawancarai di Balithi Pacet. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo meminta kepada para pelaku usaha khususnya di sektor pariwisata untuk menggunakan tanaman hias asal Indonesia sebagai salah satu pemenuhan kebutuhan dalam memperindah di masing-masing hotel dan restoran yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

“Dari Sabang sampai Merauke kurang apa kita punya kemampuan yang cukup seimbang dengan negara lain. Saya percaya hasil tanaman hias khususnya di Indonesia ini jauh lebih baik. Alangkah bagusnya jika potensi tanaman hias ini dipajang juga di masing-masing hotel dan restoran yang tersebar di daerah,” ujar Mentan di Balithi, Pacet, Cianjur, Kamis (9/9).

Lebih lanjut ia mengatakan, dari apa yang selama ini dikembangkan di Indonesia terkait dengan bunga atau tanaman hias, ternyata sudah sangat tinggi. Bahkan peminat dari luar negeri pun cukup banyak. Maka dari itu demi mendorong para petani khususnya tanaman hias, perlu ada dukungan dari berbagai bidang lain salah satunya sektor pariwisata.

“Melalui ekspose inovasi tanaman hias ini para stakeholder dapat berkomunikasi yang ditindaklanjuti dengan inisiasi kerjasama di bidang pengembangan inovasi, termasuk komersialisasi teknologi,” ujar Syahrul.

Selain itu, Syahrul menyampaikan, ditengah Pandemi Covid 19, pertumbuhan ekspor komoditas pertanian dan pertanian pun tentunya menjadi penyumbang pertumbuhan tertinggi untuk perekonomian Indonesia.

Oleh karena itu, sektor pertanian memiliki kekuatan yang sangat besar dan paling siap untuk menunjang pertumbuhan ekonomi makro.

“Yang paling siap itu adalah sektor pertanian. Karenanya bidang pertanian ini jika kita cermati, hampir 90 persen tidak begitu terkena dampak dari pandemi Covid-19. Maka, mari kita sama-sama memajukan pertanian yang berdaya saing tinggi,” tukasnya. (dan)