Pasar Cigombong Pacet Dibongkar, Puluhan Pedagang Terpaksa Direlokasi Sementara

Pengerjaan: Proyek pembangunan Pasar Cigombong Pacet mulai dikerjakan beberapa hari terakhir oleh para pekerja. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Sebuah kawasan aktivitas ritel dari berbagi jenis di wilayah Cigombong, Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, kabupaten Cianjur terpantau sejak beberapa pekan kemarin telah dikosongkan sejumlah pedagang.

Pengosongan tersebut tak lepas dari adanya rencana pembangunan pasar rakyat berskala kecil milik pemerintah yang nantinya dikelola pula oleh pemerintah kabupaten (Pemkab) Cianjur.

Meski begitu, imbas positif dan negatif tentu dirasakan para pelaku usaha kecil di sana, karena adanya pembangunan pasar yang dikabarkan akan lebih memberikan kenyamanan serta tertata rapi para pedagang nanti.

“Awalnya saya cukup keberatan dengan adanya relokasi tempat usaha yang selama ini sudah saya tempati lebih dari 10 tahun di kawasan pasar itu, tapi bagaimana lagi sudah ketentuan pemerintah dan pihak terkait. Kami hanya bisa pasrah,” kata Salah seorang pedagang yang enggan disebutkan namanya, Jum’at (10/9).

Bahkan dirinya mengaku, dengan direlokasi ke tempat baru untuk sementara waktu, omset berdagang yang kini ia rasakan mengalami penurunan. Karena sebagian pelanggannya belum mengetahui keberadaan lokasi usahanya itu.

“Kalau dari sisi omset jelas ada perubahan. Yang asalnya sehari cukup lumayan, kini ada penurunan yang cukup berarti,” katanya.

Meski begitu, ia hanya berharap, baik pemerintah maupun pihak lain yang terkait hal ini bisa lebih memberikan perhatian kepada para pelaku usaha kecil seperti dirinya. Apalagi yang terkena imbas dari adanya relokasi ini.

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Diskoperindag Kabupaten Cianjur, Nana Rukmana mengaku bahwa pihaknya telah melakukan sosialisasi dan memberikan informasi kepada para pedagang di lokasi tersebut. Meski diakuinya, ada beberapa pelaku usaha yang memang keberatan adanya relokasi sementara untuk pembangunan pasar rakyat tersebut.

“Sudah kami lakukan sosialisasi sebelumnya. Meski memang ada satu pedagang yang awalnya keberatan, tapi sekarang Alhamdulillah sudah setuju dan semuanya menerima,” katanya.

Pihaknya berharap, dengan adanya pembangunan tersebut kedepan, pasar rakyat Cigombong bisa semakin tertata rapi dan lebih memberikan rasa nyaman bagi para pedagang. Sehingga geliat ekonomi di sana bisa lebih terarah dan meningkat. (dan)