UMKM Cianjur Bisa Dapat Bantuan Dampak Pandemi dan PPKM

UMKM bolu mini yang terdampak pandemi dan PPKM Lanjutan. Foto : Bayu Nurmuslim/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com– Dampak Pandemi dan penerapan PPKM masih dirasakan hingga saat ini oleh sebagian pelaku Usaha Menengah Kecil Masyarakat (UMKM) di Kabupaten Cianjur.

Hal tersebut tentunya harus menjadi perhatian dari pemerintah demi keberlangsungan kehidupan para pelaku UMKM.

Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Diskoperdagin Kabupaten Cianjur, Indra Suggara mengatakan, pemerintah telah mengalokasikan anggaran untuk para pelaku UMKM.

“Sementara, untuk bantuan di masa pandemi ini UMKM hanya mendapat bantuan dari kementerian Koperasi dan UMKM RI,”katanya

Program tersebut telah berjalan selama 2 tahun yakni sejak tahun 2020 hingga kini tahun 2021 masu berjalan.

“Ada program namanya BPUM, bantuan bagi para pelaku mikro dan itu sudah berjalan selama dua tahun ini,”tuturnya.

Menurutnya di tahun 2021 bantuan untuk UMKM tengah menunggu proses pencarian.

“Sekarang juga masih dalam proses pencairan. Kemudian dari provinsi juga ada, cuman dari provinsi kemarin dalam rangka padat karya,”tuturnya.

Selain itu Indra menjelaskan, saat ini ada bantuan lainnya melalui pemerintah Provinsi untuk para pelaku UMKM dengan syarat belum mendapatkan BPUM dengan persyaratan harus memiliki IMB (Ijin Mendirikan Bangunan).

“Kemarin sudah mengusulkan yang sudah punya MIB. Kalau dari pemerintah daerah Kabupaten Cianjur mungkin ke depan karena memang diajukannya harus dari sekarang. Apalagi program pak bupati ke depannya dengan program 10.000 UMKM akan ada tapi dalam bentuk pelatihan dan fasilitasi untuk legalitas usaha,”pungkasnya. (byu)