Ratusan Warga Pasar Cipanas Jalani Vaksinasi Massal

Salah seorang pedagang pasar Cipanas sedang menjalani suntik vaksin Covid-19 dosis pertama. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Sebanyak 500 pedagang dan warga sekitar Pasar Cipanas menjalani vaksinasi Covid-19 tahap pertama, dalam gebyar vaksinasi massal antara UPTD, DPP, K5 yang dibantu tenaga medis dari Puskesmas Cipanas, Senin dan Selasa (13-14/9/2021) di halaman parkir basemen pasar Cipanas.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Diskoperindag Kabupaten Cianjur, Nana Rukmana mengatakan, pemberian vaksinasi kepada para pedagang beserta keluarganya ini diharapkan bisa menjadi langkah pemerintah dalam menanggulangi penyebaran Covid-19 khususnya di pusat perbelanjaan, salah satunya pasar rakyat. Terlebih supaya mereka lebih kuat dan terjaga dari penularan virus Corona saat ini.

“Ini merupakan upaya kita bersama dalam mencegah penyebaran Covid-19 khususnya untuk warga di kawasan perdagangan seperti pasar rakyat dan sejenisnya,” ujar Nana saat ditemui di Pasar Cipanas, Senin (13/9).

Lebih lanjut ia mengatakan, pelaksanaan ini tentu tak lepas dari adanya kerjasama semua pihak, termasuk tenaga medis yang ada di wilayah Kecamatan Cipanas. “Mudah-mudahan dengan adanya vaksinasi ini kita semua bisa terhindar dan terjaga dari virus Covid-19. Terlebih aktivitas ritel di kabupaten Cianjur bisa lebih menggeliat dan normal lagi,” tukasnya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pasar Cipanas, Heru Haerul Hakim mengatakan, pelaksanaan vaksinasi ini merupakan tindak lanjut dari adanya permohonan masyarakat untuk diadakan kembali vaksin Covid-19 massal di pasar Cipanas.

“Ini merupakan permintaan para pedagang dan masyarakat sekitar untuk digelar kembali vaksinasi massal, supaya aktivitas di pasar bisa kembali normal seperti sebelum pandemi,” katanya.

Terlihat, dengan adanya vaksinasi ini, antusias masyarakat sekarang lebih tinggi dibandingkan gebyar vaksin sebelumnya. Karena menurut Heru, waktu itu warga dan para pedagang belum begitu tersentuh seberapa pentingnya vaksinasi di masa pandemi Covid-19 ini.

“Alhamdulillah untuk sekarang ini masyarakat lebih antusias. Bahkan keluarga pedagang pun banyak yang mengikuti vaksin Covid di pasar Cipanas ini,” ujarnya.

Ketua Dewan Perwakilan Pedagang (DPP) Pasar Cipanas, Yayuk Sri Rahayu menambahkan, pemberian dosis vaksin Covid-19 bagi para pedagang beserta masyarakat sekitar ini tentunya diharapkan bisa kembali memulihkan perekonomian khususnya di pasar Cipanas.

“Mudah-mudahan meningkatkan geliat ekonomi juga, karena memiliki rasa aman dan nyaman bagi warga Cipanas dan sekitarnya yang berbelanja baik ke pasar rakyat ini,” harapnya.

Kepala Puskesmas Cipanas Dewi Ratih menyebutkan, dalam pelaksanaan vaksinasi ini pihaknya menargetkan sebanyak 500 dosis vaksin berjenis sinovac untuk dilakukan di dua hari atau tahap.

“Jadi hari ini kami targetkan bisa selesai 250 orang, dan besok sisanya lagi sebanyak 250 dosis,” katanya.

Dewi berharap, dengan vaksinasi ini bisa memutuskan mata rantai penularan Covid-19 dan memulihkan kembali perekonomian, khususnya di bidang ritel seperti pasar rakyat Cipanas ini. (dan)