Hore! Desa Cipanas Juarai Lomba Terbaik Tingkat Provinsi

Saat tim verifikasi lapangan dari provinsi Jawa barat tengah melakukan penilaian lomba desa terbaik tingkat provinsi beberapa waktu kemarin. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Setelah sekian waktu ikut dalam tahapan lomba, akhirnya Pemerintah Desa (Pemdes) Cipanas, Kecamatan Cipanas, resmi meraih juara 1 lomba desa terbaik tingkat Provinsi Jawa barat.

Hal tersebut diperkuat berdasarkan surat keputusan dari Pemerintah Daerah Provinsi Jawa barat melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa atau (DPMD) dengan nomor surat: 2999/PDM.01.02/BINDES, yang menyatakan bahwa Desa Cipanas Kecamatan Cipanas meraih peringkat 1 lomba desa terbaik 2021.

Dalam isi surat disampaikan, bahwa pelaksanaan lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi Jawa barat tahun 2021 telah selesai dilaksanakan dengan meliputi tahapan penilaian administrasi, pemaparan peserta dan penilaian klarifikasi lapangan.

Jadi berdasarkan hasil rapat pleno tim juri atau penilai lomba desa dan kelurahan pada 3 September 2021, diputuskan hasil lomba yaitu Desa Cipanas Kecamatan Cipanas, Cianjur peringkat 1, Desa Ciburial, Kecamatan Cemenyan Kabupaten Bandung peringkat 2, dan Desa Cangkingan Kecamatan Kedokan Bunder Indramayu menjadi juara 3.

Kepala Desa Cipanas, H. Agus Sahputra mengatakan, pihaknya sangat bersyukur atas apa yang telah diraih pemerintah desa saat ini.

Bahkan dalam perjalanannya ia menuturkan, tahapan demi tahapan dilaksanakan bersama-sama secara maksimal. Meskipun, ada beberapa hal yang harus dibenahi. Namun akhirnya bisa meraih sesuai apa yang diharapkan bersama terlebih masyarakat Desa Cipanas.

“Pada saat itu dimulai lomba desa tingkat Kabupaten hingga akhirnya bisa meraih juara 1, dan Alhamdulillah kini Desa Cipanas bisa lolos menjadi peringkat 1 tingkat Provinsi Jawa barat,” kata Agus saat ditemui, Rabu (15/9/2021).

Lebih lanjut, ia mengatakan, tak ada persiapan khusus untuk melaksanakan lomba desa tingkat provinsi kemarin. Karena semua berkas yang harus menjadi persyaratan telah sesuai Permendagri, Permendes, Pergub, dan Perbup. Sehingga maju ke tingkat provinsi, tidak ada kesulitan yang berarti.

“Alhamdulillah semua dilancarkan. Berkas-berkas dan semua persyaratan yang diperlukan untuk tahapan lomba sudah kami siapkan. Bahkan ketika ada penilaian di lapangan pun, tim juri terlihat senyum optimis,” kata dia.

Atas raihan lomba tingkat provinsi ini, ia berharap, Desa Cipanas kedepan bisa menjadi desa yang lebih mensejahterakan masyarakatnya dari segala bidang.

“Mudah-mudahan juara provinsi ini bisa menjadikan nilai plus supaya bagaimana pemerintah diatas kita ini dapat membantu Desa demi kesejahteraan masyarakat,” tandasnya. (dan)