Peluang Cianjur Menuju Endemi Covid-19

Juru Bicara Pusat Informasi Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal

RADARCIANJUR.com- Kasus Covid 19 semakin baik di Kabupaten Cianjur, kemungkinan status pandemi Covid-19 akan berubah menjadi endemi jika fakta dilapangan kasus penularan dan kematian semakin turun.

Beberapa kasus konfirmasi positif Covid 19 kurang dari 20 per minggu, kasus meninggal sudah tidak ada, peningkatan testing mencapai 35.000 ribu per minggu dengan positive rate 0,2 persen di bawah 5 persen dan tracing telah mencapai satu banding sepuluh.

Endemi merupakan keadaan atau kemunculan suatu penyakit yang konstan atau penyakit tersebut biasa ada di dalam suatu populasi atau area geografis tertentu.

Contohnya penyakit endemi di Indonesia adalah malaria dan demam berdarah dengue (DBD) dan Flu.

Juru Bicara Satgas Penanganan Percepatan Dan Penanggulangan Covid 19 Kabupaten Cianjur dr. Yusman Faisal mengatakan, kemungkinan pandemi covid 19 menjadi endemi di Indonesia khususnya Kabupaten Cianjur sangat terbuka lebar seiring berjalannya PPKM Level yang semakin baik.

“Bisa saja menjadi endemi untuk virus sifatnya seperti itu. Sama seperti flu pada zaman dahulu itu menakutkan sampai menyebabkan kematian,”katanya.

Syarat Covid 19 akan berganti dari Pandemi menjadi Endemi jika sudah menjadi angka kesakitan biasa dan tidak banyak kasus hingga meninggal.

“Yang jelas jika sudah tidak menimbulkan angka kematian,”tuturnya.

Selain itu terdapat perbedaan penanganan setelah pergantian status Covid 19 dari Pandemi menjadi Endemi.

“Sehingga tidak terlalu menjadi prioritas penanganan. Hanya saja kesakitan yang ditimbulkan apakah derajatnya parah atau tidak,”pungkasnya. (byu)