Eks Bangunan Bisnis di Cigombong Mulai Diratakan Alat Berat

Pengerjaan: Tampak alat berat sedang meratakan bekas bangunan di lahan Pasar Cigombong Pacet untuk dibangun kembali. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Tim pembangunan dari lembaga pengadaan barang dan jasa kabupaten Cianjur telah menurunkan alat berat untuk meratakan sisa pembongkaran belasan bangunan di lahan eks ritel Pasar Cigombong, Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, Cianjur beberapa hari terakhir hingga kini.

Selain terdapat alat berat, berdasarkan pantauan radarcianjur.com, lahan milik Pemkab seluas kurang lebih 2300 meter persegi itu kini telah ditutup asbes besi. Bahkan satu bangunan yang asalnya masih berdiri dan digunakan salah satu bank BUMN, kini telah dibongkar untuk diratakan.

“Kita menurunkan alat berat ini untuk meratakan sisa pembongkaran yang telah dilakukan beberapa waktu kemarin. Alat berat ini sudah mulai bekerja dari beberapa hari terakhir hingga tanggal 28 September mendatang,” ujar Kabid Perdagangan Diskoperindag Kabupaten Cianjur, Nana Rukmana, Kamis (16/9).

Lebih lanjut ia menyebut, tahapan proyek yang bakal dibangun pasar rakyat berskala kecil itu telah dianggarkan senilai total Rp 4 Miliar, dengan estimasi pembuatan 112 kios.

Namun, untuk anggaran pembongkaran dan perataan lahan tersebut dialokasikan sekitar seratus juta rupiah lebih.

“Jadi antara pembangunan fisik dengan proses pembongkaran dan perataan lahan itu berbeda anggaran. Untuk kontruksi bangunan saja sekitar Rp 3 Miliar lebih,” katanya.

Dalam tahapan pembongkaran dan perataan lahan pun, ungkap Nana, mengalami keterlambatan. Pasalnya, bukan karena dari tim pembangunannya, namun disebabkan masih adanya kantor unit Bank yang beberapa hari kemarin masih beroperasi.

“Jadi sebetulnya perataan lahan sekarang mengalami keterlambatan. Karena kemarin-kemarin kan masih ada bangunan yang digunakan Bank. Makanya kami mendesak waktu itu, supaya pihak bank bisa segera pindah dan mengosongkan bangunan tersebut,” paparnya.

Selain itu, ia menambahkan, kedepan dengan adanya pembangunan pasar Cigombong ini tentu bisa semakin meningkatkan geliat ekonomi bagi masyarakat di sana. Terlebih, para pedagang pun bisa tertata rapi dan nyaman.

“Intinya harapan kami nantinya setelah selesai pembangunan pasar Cigombong, para pedagang bisa lebih tertata rapi dan lebih maju,” tandasnya. (dan)