Buka Pelayanan Vaksin Covid-19, Ratusan Warga Antusias Datang ke RSUD Cimacan

Salah seorang warga di wilayah Kecamatan Cipanas tengah menerima suntik vaksin Covid-19. Foto: Istimewa

RADARCIANJUR.com – Demi membantu percepatan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat umum, RSUD Cimacan mulai membuka pelayanan vaksin dengan menyediakan 200 dosis sinovac per hari.

Kepala Bagian (Kabag) Tata Usaha RSUD Cimacan, Hendrawan mengatakan, vaksinasi yang menyasar masyarakat khususnya di Kecamatan Cipanas dan Pacet ini telah dibuka mulai Jumat 17 September 2021 belum lama ini dengan menggunakan dosis vaksin Sinovac.

“Jumat kemarin kami menyediakan 200 vaksin, yang selanjutnya mulai Senin pekan ini hingga Jum’at lagi insya Alloh akan terus dilaksanakan,” ujar Hendrawan kepada wartawan, Minggu (17/9/2021).

Menurutnya, vaksinasi ini merupakan target Pemerintah Kabupaten Cianjur melalui Dinas Kesehatan agar masyarakat di wilayah Cianjur Utara khususnya dapat menerima vaksin Covid-19.

“Jadi vaksinasi ini dilakukan di Aula vaksin, gedung lama RSUD Cimacan (sebelah Ponek) yang dilaksanakan setiap Senin hingga Jumat, pada pukul 08.00 hingga 14.00 Wib,” terangnya.

BACA JUGA : Cegah Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Nakes, RSUD Cimacan Lakukan Vaksinasi Ketiga

Lebih lanjut ia mengatakan, vaksinasi ini akan berlaku untuk semua kalangan, mulai dari anak di atas usia 12 tahun, ibu hamil, ibu menyusui, dan warga yang memiliki penyakit komorbid terkontrol.

“Ketika ingin melakukan vaksin, cukup membawa KTP serta kartu keluarga (KK) untuk anak, bila ingin divaksin,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga menginformasikan kepada masyarakat, bagi yang ingin mengikuti vaksinasi di RSUD Ciamacan, bisa mendaftar secara online melalui nomor WhatsApp 0811-203-1117.

“Karena kuota vaksinasi setiap hari terbatas untuk 200 orang, makanya kami sarankan masyarakat harus mendaftar terlebih dulu melalui online atau bisa menghubungi nomor yang telah disediakan,” ujarnya.

Ia menambahkan, dengan adanya program vaksinasi di RSUD Cimacan ini diharapkan, target untuk mencapai herd immunity atau kekebalan komunal di kabupaten Cianjur bisa tercapai.

“Mudah-mudahan, target Dinas Kesehatan Cianjur semua masyarakat Cianjur bisa tervaksin dapat tercapai dan pandemi Covid-19 segera berakhir,” tandasnya.

Terpisah, Kasubag Umum dan Kepagawaian RSUD Cimacan, Endri Cedo menambahkan, dari 200 dosis vaksin Covid-19 yang disediakan RSUD Cimacan, ada sebanyak 186 orang yang lolos menjalani vaksinasi Jum’at kemarin.

“Saat pekan lalu pelayanan vaksin untuk umum berjalan dengan lancar. Kami bersyukur masyarakat dapat menerima informasi yang telah kami sebarkan melalui media sosial RSUD Cimacan dan direspon dengan baik. Mudah-mudahan ini bisa terus berjalan berkesinambungan,” kata dia. (dan)