Ancaman Bencana Tsunami dan Gunung Meletus, Pemkab Cianjur Imbau Waspada

Tsunami Early Warning System

RADARCIANJUR.com – Kabupaten Cianjur menjadi salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki potensi bencana sangat tinggi.

Hampir seluruh potensi bencana, seperti longsor, banjir, pergerakan tanah, gunung meletus dan tsunami ada di wilayah itu.

Wakil Bupati Cianjur, TB Mulyana Syahrudin, mengatakan kesiapsiagaan bencana perlu ditingkatkan, termasuk kesiapan personel dan alat penanganan bencana.

Ia semua peralatan yang ada dioptimalkan, agar pada saat ada kejadian bencana bisa siap digunakan. Dalam beberapa pekan terakhir tercatat ada sembilan kejadian bencana yang menerjang sejumlah wilayah Cianjur.

BACA JUGA : Longsor Campakamulya, Dua Bangunan Madrasah dan Satu Rumah Warga Rusak

“Pergeseran tanah dan longsor paling mendominasi kejadian bencana alam dalam beberapa pekan terakhir ini. Selain itu, pohon tumbang, dan banjir. Berdasarkan data terdapat sembilan kejadian bencana dalam beberapa pekan terakhir ini,”katanya.

Jajarannya bersama unsur TNI-Polri dan masyarakat telah meningkatkan kesiapsiagaan bencana, termasuk memeriksa kondisi peralatan penanganan bencana.

“Meski skala kecil tetapi kita tetap waspadai karena bisa berpotensi menjadi besar,” ujar dia.

TB, mengingatkan masyarakat terkait ancaman potensi bencana hingga akhir tahun ini, menyusul curah hujan yang tinggi disertai angin kencang saat ini.

Terlebih, Kabupaten Cianjur termasuk wilayah dengan indeks risiko bencana tertinggi ke empat di Indonesia.

“Semua jenis bencana berpotensi terjadi di Cianjur, termasuk ancaman tsunami dan gunung meletus,”pungkasnya. (byu)