Gali Minat Petani Milenial, Polbangtan Bogor Rangkul SMKN 1 Pacet Gelar Open Day

Sejumlah siswa di salah satu SMP tengah mengikuti Open Day Petani Muda Melenial di Kampus SMK Negeri 1 Pacet. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Dalam upaya menumbuhkan minat generasi muda terhadap sektor pertanian sekaligus apresiasi atas kiprah petani milenial, Kementerian Pertanian (Kementan) melalui program Youth Enterpreneur and Employment Support Services (YESS) yang bekerjasama dengan SMKN 1 Pacet melaksanakan pameran produk pertanian dalam ‘Open Day Petani Muda Melenial’ di Kampus SMK Negeri 1 Pacet, Cianjur, Selasa (28/09/21).

Hadir dalam acara tersebut Bupati Cianjur yang diwakili Kepala Dinas Pertanian, Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor, Kepala Cabang Dinas (KCD) Wilayah VI Dinas Pendidikan Provinsi Jawa barat, Kepala SMKN 1 Pacet, dan sejumlah unsur lainnya nampak mendorong kegiatan tersebut.

Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor dari Kementerian Pertanian, Detia Tri Yunandar mengatakan, pelaksanaan ini merupakan kerjasama bidang pertanian melalui program YESS yang bertujuan untuk mempromosikan secara umum SMK-SMK yang memiliki prodi pertanian dan secara khusus bagi SMK Negeri 1 Pacet ini.

“Ini untuk menarik minat generasi muda serta para siswa SMP untuk bisa melanjutkan sekolah di SMK Negeri 1 Pacet khususnya, yang kemudian berminat berkiprah di sektor pertanian,” ujar Detia, saat ditemui di Pacet, Senin (28/9).

Program tersebut, kata Detia, sebetulnya bukan hanya dilaksanakan di kabupaten Cianjur saja, tetapi di empat provinsi dan salah satunya di Jawa barat, kemudian di Kabupaten Cianjur yakni di SMKN 1 Pacet sebagai salah satu sekolah yang ditunjuk.

“Jadi program YESS ini untuk di Jawa barat dilaksanakan di empat kota dan kabupaten yang diantaranya adalah Kabupaten Cianjur, Sukabumi, Tasikmalaya, dan Subang,” terangnya.

Selain itu, ia menuturkan, program pertanian ini telah dimulai sejak tahun 2020 kemarin. Dimana program YESS ini melibatkan banyak sekali stakeholder yang sebelumnya dilaksanakan pelatihan bagi guru-guru SMK itu.

“Kami melihat, untuk SMK Negeri 1 Pacet ini tentunya memiliki potensi yang luar biasa, baik dari sarana prasarana kemudian pengelolaannya yang sangat tertata rapi,” katanya.

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi modal yang besar dalam pengembangan generasi penerus, terlebih di sektor pertanian, dan usaha pertanian konvensional. Saya yakin tujuan ini akan bisa dicapai,” tandasnya.

Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Pacet, Ida Yuniati Surtika, mengatakan, dengan adanya program Open Day Pertanian ini tentunya akan sangat mendukung dan bermanfaat bagi pihaknya dalam pengembangan minat generasi milenial terutama untuk terjun ke dunia pertanian.

“Dengan adanya support dan motivasi program seperti ini dari semua pihak, kami harapkan ini bisa berdampak positif bagi para siswa lulusan SMP yang akan melanjutkan ke SMK, khususnya ke SMK Negeri 1 Pacet,” kata Ida.

“Kami harapkan pula bahwa lulusan SMK Negeri 1 Pacet khususnya di bidang pertanian ini, bisa menjadi petani milenial dan generasi muda yang handal dalam membangun sektor pertanian di Kabupaten Cianjur,” pungkasnya. (dan)