Dinas Pertanian Klaim, Wilayah Cianjur 90 Persen Masih Lahan Pertanian

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, Pangan, dan Holtikultura Kabupaten Cianjur, Parwinia. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, Pangan, dan Holtikultura Kabupaten Cianjur, Parwinia mengklaim, kawasan di wilayah Tatar Santri saat ini, 90 persen masih merupakan lahan pertanian.

“Dari sekitar 359.000 hektar wilayah di Kabupaten Cianjur, hampir 90 persen saat ini masih lahan pertanian baik itu sawah, perkebunan dan lahan holtikultura. Jadi potensi kita ini masih luas,” kata Parwinia kepada radarcianjur.com, belum lama ini.

Bahkan, lanjutnya, upaya yang telah dilakukan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Cianjur sendiri salah satunya adalah menggali potensi petani milenial dengan mengajak para siswa lulusan SMP untuk mau bersekolah di SMK yang memiliki jurusan pertanian.

BACA JUGA : Begal Beraksi di Jalan Raya Ciranjang, Tertangkap Polisi Gara-gara Bensin Habis

“Jadi selama ini kita juga telah ada upaya untuk merangkul pemuda yang dimulai dari SMP hingga ke usia 39 tahun untuk bersedia menjadi petani milenial yang handal,” katanya.

Kedepan, dengan potensi lahan pertanian yang masih melimpah di kabupaten Cianjur ini, tentu dapat beriringan dengan sumber daya manusianya yang handal. Sehingga mampu mewujudkan petani yang Manjur.

“Kami harapkan juga bahwa dengan adanya dorongan serta ajakan pemuda untuk menjadi petani milenial, di Kabupaten Cianjur ini bisa lebih semangat, produktif, dan memiliki sumber daya manusia yang handal,” pungkasnya.(dan)