Satu Rumah di Sukanagara Terdampak Longsor

HAMPIR HANCUR: Rumah milik Yayan (40) warga Kampung Naringgul Desa Sukanagara Kecamatan Sukanagara terkena imbas longsor pada Kamis (30/9) malam. (Foto Istimewa)

RADARCIANJUR.com- Longsor kembali menerjang wilayah Cianjur Selatan, tepatnya di Kampung Naringgul Desa Sukanagara Kecamatan Sukanagara pada Kamis (30/9) malam sekitar pukul 22.30 WIB.

Satu rumah dikabarkan terkena dampak bencana longsor tersebut yakni bernama Yayan (40). Bencana tersebut terjadi akibat derasnya hujan di wilayah Selatan.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Mokhamad Irfan Sofyan mengatakan, bencana tanah longsor yang menerjang kawasan Selatan diguyur intesitas hujan tinggi sejak sore hingga malam.

Pihaknya langsung menerjunkan personel untuk mempercepat penanganan di lokasi kejadian, yang terdiri dari BPBD, unsur TNI-Polri, dan relawan tangguh bencana (Retana).

“Pemilik rumah yang mengalami rusak diungsikan sementara ke rumah tetangganya yang lebih aman. Karena, masih ada potensi longsor susulan,” ujarnya.

Irfan meminta masyarakat yang berada di sekitar lokasi kejadian agar meningkatkan kewaspadaan dengan potensi bencana tanah longsor yang mungkin terjadi sewaktu-waktu.

“Untuk ketinggian tebing yang longsor masih dilakukan pengukuran oleh petugas. Sementara, personel fokus pada penanganan warga yang terdampak,” terangnya.

Saat ini, pihaknya masih melakukan pembersihan material longsoran. Pasalnya, kondisi malam hari yang gelap menyulitkan tim untuk melakukan evakuasi, sehingga proses dilanjutkan pada pagi hari.

Dari kejadian tersebut, tidak ditemukan korban jiwa. Diduga kerugian mencapai jutaan rupiah. (kim)