Cara Pemdes Sindanglaya Bersama Puskesmas Cegah Stunting

Sosialisasi: Pemdes Sindanglaya bersama petugas kesehatan di Puskesmas Cipanas melaksanaan sosialisasi pencegahan Stunting. (Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com – Pemerintahan Desa Sindanglaya bersama Puskesmas Cipanas melaksanakan sosialisasi pencegahan dan penanganan Stunting kepada puluhan ibu-ibu hamil dan memiliki balita yang bertempat di salah satu Posyandu wilayah Bengkok Sindanglaya, Senin (04/10/2021).

Kepala Desa Sindanglaya, Nyanyang Kurnia Sanusi mengatakan, pentingnya peran bersama dalam mengingatkan kepada ibu-ibu hamil dan yang memiliki balita di wilayah Desa Sindanglaya ini diharapkan bisa mencegah terjadinya Stunting atau kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak).

“Melalui sosialisasi ini kita ingin para ibu-ibu yang memiliki balita serta ibu hamil dapat memahami pentingnya cara pencegahan stunting sedini mungkin, sehingga masyarakat Desa Sindanglaya bisa terus diminimalisir angka Stunting tersebut,” ujar Nyanyang, Senin (04/10/2021).

Menurutnya, kader posyandu, ibu hamil dan ibu yang memiliki balita merupakan sasaran yang paling tepat untuk memberikan edukasi tentang pencegahan terjadinya stunting kepada masyarakat lain.

“Kami berharap, sosialisasi yang diberikan ini dapat menyebarluaskan kembali kepada warga lain, sehingga pencagehan stunting ini dapat diterapkan oleh ibu-ibu yang ada di Desa Sindanglaya,” kata dia.

Lebih lanjut ia menyebut, ibu-ibu yang yang mengikuti sosialisasi ini berjumlah 50 orang, yang diantaranya para kader posyandu, ibu hamil dan memiliki balita serta serta ibu PKK yang ada di Desa Sindanglaya.

“Selain memberikan sosialisasi terkait pencegahan Stunting, kami juga menyalurkan bantuan berupa makanan tambahan seperti biskuit, dan susu formula kepada mereka,” katanya.

Tak hanya itu, ia berharap program yang bersifat skala nasional ini, penyampaian tentang bahaya yang ditimbulkan stunting serta cara pencegahanya benar-benar dipahami oleh semua elemen masyarakat.

“Kita bersama ini merupakan pondasi awal untuk menciptakan para genarsi muda yang memiliki kualitas baik secara fisik maupun mental,” pungkasnya. (dan)