Usai Terpilih, Tiga Perangkat Desa Sindanglaya Kini Resmi Dilantik

Berlangsung pelantikan dan pengambilan sumpah janji tiga perangkat desa terpilih usai mengikuti penjaringan Agustus lalu. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Usai dilaksanakan penjaringan sejumlah calon perangkat desa Agustus lalu, kini Pemerintah Desa Sindanglaya Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur telah mengukuhkan tiga perangkat terpilih, Selasa (05/10/2021) di Aula Desa Sindanglaya.

Kepala Desa Sindanglaya, Nyanyang Kurnia Sanusi mengatakan, terpilihnya tiga perangkat desa untuk mengisi kekosongan sebelumnya, kini telah resmi dilantik dan diambil sumpah janji untuk mulai bekerja secara efektif dan profesional.

“Kami harapkan setelah resmi dilantik hari ini, kita bisa sama-sama bekerja secara baik sesuai aturan dan prosedur yang berlaku,” kata Nyanyang kepada radarcianjur.com, usai pelantikan.

Lebih lanjut ia mengingatkan kepada para perangkat desa yang baru dilantik serta perangkat lainnya yang selama ini telah bekerja, dapat mampu bersinergi dengan semua unsur di Pemerintah Desa Sindanglaya khususnya, dan seluruh unsur pemerintah ke tingkat lainnya.

Sementara itu, Camat Cipanas Latip Ridwan melalui Kasie Pemerintahan Kecamatan Cipanas, Tantan Ernawan mengatakan, berdasarkan peraturan Bupati nomor 22 tahun 2018, bahwa pengangkatan dan pemberhentian serta penjaringan perangkat desa itu harus sesuai aturan yang berlaku. Sehingga dengan tahapan yang dilakukan Pemdes Sindanglaya hari ini memang bisa menjadi salah satu contoh bagi desa-desa lainnya di saat terjadi kekosongan perangkat.

“Dengan adanya pelantikan ini tentunya diharapkan dapat menjadi motivasi dan semangat bagi perangkat desa yang telah dilantik khususnya, serta perangkat lain supaya dapat lebih bertanggung jawab dalam mengemban tugas hingga nanti,” kata Tantan.

Selain itu, untuk memberikan masukan serta saran dalam mengemban tugas para perangkat desa, tentunya Pemerintah Kecamatan Cipanas, kata dia, selalu melakukan pembinaan dan pengawasan secara langsung turun ke desa-desa maupun dari Pemdes nya sendiri yang melaksanakan.

“Harapannya mudah-mudahan apa yang telah diraih selama ini, kedepan justru lebih bisa membuat warna sekaligus memajukan desa itu sendiri, terlebih bagi pelayanan kepada masyarakat secara umum,” pungkasnya. (dan)