Gas Melon Meledak, Tiga Penghuni Rumah Dilarikan ke Rumah Sakit

Salah seorang sanak saudaranya tengah menunjukkan lokasi kebakaran akibat ledakan tabung gas di rumah pak Dudun. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Tiga orang penghuni rumah di Kampung Warungbawang RT 04 RW 04, Desa Cibeureum, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, mengalami luka bakar hingga akhirnya harus dilarikan ke Rumah Sakit.

Hal tersebut menyusul setelah adanya ledakan sebuah tabung gas kemasan tiga kilogram yang diduga mengalami kebocoran, hingga akhirnya menyambar seisi rumah beserta penghuninya, Kamis (07/10/2021) sekitar pukul 05.40 WIB.

Iyus Yusuf Mawardi (47) Kerabat Korban menuturkan, kejadian tersebut diketahui olehnya setelah mendengar ledakan yang cukup besar di rumah saudaranya bernama Dudun Abdurrahman yang tak jauh dari kediamannya jelang pukul 06.00 Wib.

Setelah mendengar getaran tersebut, refleks ia menyambangi sumber suara yang ternyata rumah sanak saudaranya mengalami kebakaran yang cukup serius.

“Jadi setelah mendengar ledakan, saya langsung mendatangi rumah Pak Dudun, bahkan karena pada saat itu kondisi pintu depan korban masih terkunci, saya akhirnya dobrak pintu untuk melihat kondisi di dalam,” tuturnya saat ditemui radarcianjur.com, Kamis (7/10).

Setelah itu, lanjutnya, ia melihat kondisi dalam rumah Pak Dudun sudah berantakan dan masih ada api yang menyala karena ledakan gas tiga kilo itu.

Tak lama kemudian, datang beberapa warga lainnya menghampiri rumah korban tersebut, hingga akhirnya berupaya menyelamatkan penghuni rumah karena mengalami luka bakar yang cukup serius.

“Di dalam rumah itu ada tiga anggota keluarga. Pak Dudun berserta istrinya dan satu anak laki-laki bernama Acep, yang pada saat itu langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cimacan,” ungkapnya.

Setelah ketiga penghuni rumah berhasil dievakuasi, ia dan warga lain kemudian melaporkan kejadian tersebut kepada Ketua RT dan RW, termasuk pihak pemerintah desa, Babinmas serta Babinsa setempat.

“Kami langsung melaporkan kejadian itu kepada para pihak terkait. Mudah-mudahan saja ada tindak lanjut dan kepedulian terhadap keluarga saya yang tengah tertimpa musibah ini. Yang terutama adalah ketiga sanak saudara saya ini bisa segera pulih akibat luka bakar yang kini tengah dirawat di Rumah Sakit,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Cugenang Kompol L Woro Wuryani mengatakan, atas kejadian tersebut, pihaknya kini telah mengecek dan mendalami peristiwa yang menimpa saudara Dudun beserta keluarganya itu. Termasuk memeriksa beberapa saksi di dekat rumah korban.

“Menurut hasil cek TKP, meledaknya tabung gas di rumahnya Pak Dudun itu diduga di saat korban tengah menyalakan kompor gas, namun tabung gas yang satunya lagi kemungkinan telah bocor dari beberapa waktu sebelumnya, hingga seketika terjadi ledakan dan api menjalar ke dalam rumah, hingga mengalami kerusakan yang cukup serius,” paparnya.

Tiga penghuni rumah saat ini, lanjutnya, mengalami luka bakar dan sedang dilakukan tindakan medis serta perawatan di RSUD Cimacan.

“Kalau untuk kerugian meteril, diperkirakan bisa mencapai puluhan juta rupiah,” kata dia. (dan)