Endang : Pertanian Cianjur Harus Bangkit

ARAHAN: Anggota Komisi IV DPR RI, Endang S Thohari tengah melaksanakan bimbingan teknis pertanian di Desa Cikaroya Kecamatan Sukaresmi pada Sabtu (9/10). (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Pertanian di beberapa daerah menjadi salah satu program yang dikonsenkan pemerintah. Terlebih Kabupaten Cianjur dengan keaneka ragaman pertaniannya. Tak sedikit hasil pertanian Kota Santri dilirik kualitasnya seperti beras.

Sebagai upaya menjaga kelestarian tersebut, Komisi IV DPRI RI yang konsen dalam bidang pertanian berupaya penuh menjaga kestabilan pertanian di Kabupaten Cianjur dari mulai sosialisasi hingga bimbingan kepad petani.

Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai Gerindra, Endang S Thohari mengatakan, Cianjur harus kembali menjadi daerah dengan sumber pangan terbaik. Pasalnya, tak sedikit hasil pangan yang diakui banyak kalangan. Bukan hanya dari dalam negeri, bahkan hingga mancanegara.

“Cianjur harus kembali menjadi daerah dengan sumber pangan, sehingga ini saya lakukan bimbingan teknis penyuluhan dan petani dengan mengembangkan teknologi-teknologi untuk kemajuan pertanian,” ujarnya saat melakukan Bimtek di Desa Cikanyere Kecamatan Sukaresmi, Sabtu (9/10).

Dana aspirasi untuk pengembangan pertanian terus digelontorkan. Namun, tetap perlu ada pendampingan serta pengarahan agar program tersebut benar-benar terlaksana.

“Dana aspirasi yang diturunkan sepenuhnya dari program Komisi IV seperti lingkungan hidup, pertanian dan kelautan harus dikawal serta diimplementasikan, sehingga Kabupaten Cianjur bisa bertahan dalam bidang pangan,” paparnya.

Lanjutnya, dirinya pun mengharapkan, nilai tukar petani bisa lebih dari 110, sehingga petani bisa hidup sejahtera. Selain itu, penyuluh jangan dijadikan anak tiri.

“Rata-rata kepala daerah kurang menghargai tenaga penyuluh. Saat ini tengah diusulkan juga untuk penyuluh pertanian agar honornya tinggi. Sehingga terus dikawal pertanian, jika tidak akan dijajah kembali di bidang pertanian,” tegasnya. (kim)