Komunitas Sadulur Garap Lembah Cisarua Jadi Potensi Wisata di Cipanas

Sejumlah warga tengah menikmati kasawan Curug Sadulur yang berada di Desa Sindanglaya Kecamatan Cipanas.

RADARCIANJUR.com – Demi memberikan kemanfaatan yang dapat berpotensi sebagai objek wisata bagi masyarakat, Komunitas Sadulur Cipanas sejak beberapa bulan terakhir melakukan penataan lahan yang berada di wilayah Lembah Cisarua, Desa Sindanglaya Kecamatan Cipanas, menjadi ‘Lembah Sedulur’.

“Sejak beberapa bulan ini kami mencoba menata dan menkonsep lahan di lembah Cisarua Sindanglaya ini sebagai tempat wisata alam beredukasi lingkungan bagi masyarakat Cipanas serta warga kabupaten Cianjur dan sekitarnya,” ujar Ading, begitu ia akrab disapa, Minggu (10/10/2021).

Meskipun, kata Ading, kawasan tersebut sebelumnya cukup gelap dan kurang terawat. Tetapi setelah dibenahi selama kurang lebih lima bulan, kini sudah mulai tampak sebuah curug yang indah.

“Jadi waktu itu kami sudah diintruksikan oleh pak Camat Cipanas serta beberapa unsur di saat kegiatan work clean up day, beliau menegaskan bahwa kawasan ini akan dinamakan lembah sedulur yang artinya siapa pun bisa berkumpul di tempat itu,” kata dia.

Dengan begitu, lanjutnya, konsep dari warga untuk masyarakat ini, pemanfaatan lahannya bisa digunakan secara maksimal. Daripada diperjualbelikan atau dikuasai oleh kepentingan segelintir orang. Karena masyarakat itu membutuhkan suatu hal yang positif di lahan pemerintah ini.

“Dulu tempat ini negatif, sekarang kita rubah menjadi positif. Mudah mudahan saja bermanfaat bagi semuanya, meskipun pro kontra itu ada. Tapi gak apa karena itu hal biasa,” ucapnya.

Ia menambahkan, selama setiap kegiatan itu bernilai positif untuk kepentingan masyarakat, komunitas Sadulur Cipanas dan tim akan terus bergerak memberi manfaat untuk seluruh masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Cipanas dan Kabupaten Cianjur.

“Yang terpenting adalah bagaimana kita bisa memberikan suatu hal yang baik bagi masyarakat, karena nanti imbasnya pun akan baik pula,” tandasnya. (dan)