4 Manfaat Buah Semangka untuk Tubuh, Bisa Meningkatkan Energi!

Radarcianjur.com-Bukan hanya punya rasa yang enak dan menyegarkan, ternyata banyak juga lho manfaat buah semangka. Semangka adalah buah yang lezat dan paling nikmat untuk dikonsumsi saat musim panas. Untungnya, buah ini juga sangat baik dan bermanfaat bagi setiap orang.

Banyak cara untuk menikmati semangka, dijadikan makanan pencuci mulut dengan konsumsi langsung, dijadikan jus atau dapat juga dijadikan camilan bagi Kamu sekeluarga termasuk Si Kecil. Satu cangkir semangka hanya mengandung 46 kalori, tetapi kandungannya tinggi vitamin C, vitamin A dan banyak senyawa tanaman yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat Buah Semangka
Jadi, apa saja manfaat buah semangka ini bagi kesehatan secara umum, kulit, dan juga rambut? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Membantu Tetap Terhidrasi
Manfaat buah semangka yang pertama adalah membantu tetap terhidrasi. Minum air putih adalah cara penting untuk menjaga tubuh seseorang agar tetap terhidrasi.
Namun, mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan air tinggi juga bisa membantu. Menariknya, berdasarkan penelitian dari Experimental and Clinical Sciences disebutkan semangka mengandung 92 persen air.

Terlebih lagi, kandungan air yang tinggi adalah salah satu alasan mengapa buah dan sayuran membantu seseorang merasa kenyang. Dengan kombinasi air dan serat pada semangka, buah segar ini membuat Kamu seolah-seolah mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak tanpa banyak kalori.

2. Mengandung Nutrisi dan Senyawa Tanaman yang Bermanfaat
Manfaat buah semangka yang selanjutnya adalah mengandung nutrisi dan senyawa yang bermanfaat. Dibandingkan buah-buahan yang lain, semangka adalah salah satu yang kalorinya paling rendah yaitu hanya 46 kalori per cangkir (154 gram). Itu lebih rendah daripada buah-buahan rendah gula seperti beri.

Satu cangkir (154 gram) semangka juga memiliki banyak nutrisi lain, termasuk vitamin dan mineral berikut:
• Vitamin C: 21 persen dari Reference Daily Intake (RDI)
• Vitamin A: 18 persen dari RDI
• Kalium: 5 persen dari RDI
• Magnesium: 4 persen dari RDI
• Vitamin B1, B5 dan B6: 3 persen dari RDI

Semangka juga tinggi karotenoid, termasuk beta-karoten dan likopen. Tidak hanya itu, semangka juga memiliki citrulline atau asam amino penting. Berikut adalah rangkuman antioksidan terpenting semangka:
• Vitamin C: Vitamin C merupakan antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.
• Karotenoid: Karotenoid adalah kelas senyawa tanaman yang mencakup alfa-karoten dan beta-karoten, yang diubah tubuh seseorang menjadi vitamin A.
• Likopen: Likopen adalah sejenis karotenoid yang tidak berubah menjadi vitamin A. Antioksidan kuat ini memberi warna merah pada makanan nabati seperti tomat dan semangka dan dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan.
• Cucurbitacin E: Cucurbitacin E adalah senyawa tanaman dengan efek antioksidan dan anti-inflamasi.

3. Meningkatkan Kesehatan Gusi
Manfaat buah semangka yang selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan gusi. Vitamin C dalam semangka menjaga kesehatan kapiler dan gusi. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan gusi berdarah dan gingivitis (radang gusi), dan bersyukurlah karena semangka dapat mencegah kondisi ini.

Vitamin C dalam semangka juga dapat membunuh bakteri di mulut yang mungkin menyebabkan penyakit gusi dan infeksi gusi lainnya.

4. Meningkatkan Energi
Manfaat buah semangka yang selanjutnya adalah meningkatkan energi. Semangka adalah sumber vitamin B yang baik dan bertanggung jawab untuk produksi energi dalam tubuh seseorang. Buah ini rendah kalori dan tinggi energi, sehingga dapat membantu Kamu dan keluarga tetap aktif sepanjang hari.

Alasan lain mengapa mengapa Kamu harus mengkonsumsi semangka adalah manfaatnya karena kandungan kalium. Kalium adalah elektrolit yang membuat seseorang tidak merasa lelah setelah hari yang melelahkan.(Jpc)