Pemdes-Nakes Door to Door Vaksinasi Ratusan Warga Cibanteng

Petugas medis yang didampingi Kepala Desa Cibanteng, door to door untuk melakukan vaksinasi kepada warga. Foto: Istimewa

RADARCIANJUR.com – Pemerintah Desa Cibanteng bersama tenaga kesehatan dari Puskesmas Sukamahi Kecamatan Sukaresmi, Rabu (13/10/2021), mengadakan vaksinasi door to door atau dari rumah ke rumah kepada ratusan warga yang belum menjalani suntik vaksin Covid-19.

Kepala Desa Cibanteng, Kecamatan Sukaresmi, Muryani mengatakan, pelaksanaan vaksinasi dengan cara langsung ke rumah warga ini diharapkan dapat membantu percepatan vaksinasi Covid-19 yang lebih menyeluruh.

“Jadi bagi warga yang sebelumnya belum bersedia divaksin, hingga warga lanjut usia (lansia), dan masyarakat umum lainnya dapat menerima vaksin Covid ini secara baik. Alhasil dari 169 yang daftar, sebanyak 168 yang dapat divaksin, satu tidak bisa karena sedang sakit,” terangnya, Rabu (13/10).

Tentu dengan cara seperti ini, lanjutnya, upaya percepatan program vaksinasi yang tengah digalakkan Pemerintah, dapat terealisasi secara menyeluruh. Sehingga pandemi Covid ini bisa segera usai.

“Kita bujuk juga warga yang sebelumnya tak mau divaksin, setelah diyakini, Alhamdulillah mereka bersedia divaksin,” katanya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Sukamahi, Ruhiyat Kusmana mengatakan, program vaksinasi ini merupakan bagian dari instruksi Pemkab Cianjur melalui Dinas Kesehatan ke masing-masing Puskesmas yang tersebar di seluruh kabupaten Cianjur.

“Target vaksinasi yang harus dicapai Puskesmas perhari minimal 500 dosis bagi masyarakat umum. Makanya kami lakukan door to door seperti ini supaya lebih cepat penanganan vaksin di seluruh wilayah kabupaten Cianjur,” ujarnya

Ia berharap, setelah dilakukan percepatan vaksinasi ini, kabupaten Cianjur dapat turun level, dari PPKM 3 minimal beranjak turun ke level 2. Artinya penanganan kasus Covid-19 bisa lebih teratasi dengan baik. (dan)