Disdukcapil Cianjur Belum Terima Permohonan Ganti Kelamin di e-KTP

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan membantu membuatkan KTP elektronik (e-KTP/KTP-el) untuk transgender dan berlaku di setiap Kabupaten dan Kota di Indonesia.

Kemendagri menegaskan tak ada kolom jenis kelamin transgender di e-KTP. Jenis kelamin hanya diisi laki-laki atau perempuan. Namun kini jenis kelamin dapat dirubah sesuai dengan putusan pengadilan.

Misalnya dalam kasus yang berbeda, perubahan jenis kelamin seperti yang terjadi dengan Serda TNI AD Aprilio Perkasa Manganang. Zudan menyebut, bila transgender sudah merekam datanya, pasti tercatat menggunakan nama asli.

Dukcapil secara proaktif membantu memudahkan pembuatan e-KTP bagi kaum transgender. Dasar hukumnya dalam UU No. 24 Tahun 2013 juncto UU No 23 Tahun 2006 tentang Adminduk bahwa semua penduduk WNI harus didata dan harus punya KTP dan Kartu Keluarga agar bisa mendapatkan pelayanan publik dengan baik, misalnya pelayanan BPJS dan bantuan sosial.

Kepala Dinas Pendudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur mengatakan, pihaknya mengikuti aturan pemerintah pusat

“Untuk pembuatan e-KTP bagi kaum transgender tentunya kami mengikuti aturan pemerintah Pusat,”katanya.

Namun hingga kini Disdukcapil Kabupaten Cianjur belum menerima adanya permohonan perubahan jenis kelamin di KTP.

“Kebetulan untuk di Kabupaten Cianjur pihak kami belum menerima adanya yang mengajukan permohonan perubahan jenis kelamin Transgender,”pungkasnya. (byu)