Percepatan Herd Immunity Geber Vaksinasi

Jajaran Satgas Covid-19 di Desa Munjul foto bersama masyarakat yang telah usai divaksinasi Covid-19.

RADARCIANJUR.com – Upaya percepatan capaian target Herd Immunity di Kabupaten Cianjur. Pemerintah Desa Munjul, PKM Cilaku, Babinmas, Bhabinsa Kecamatan Cilaku terjun langsung dengan menggelar vaksinasi di Aula Desa Munjul Kecamatan Cilaku.

Giat Vaksinasi yang digelar dari pagi pukul 08.00 WIB tersebut untuk efisiensi dan kecepatan serbuan vaksinasi guna pencapaian target Vaksinasi Covid-19, yang dilakukan untuk keempat kalinya di lingkungan Desa Munjul.

“Pemdes Munjul telah melaksanakan keempat kalinya dengan sasaran masyarakat umum yang berjumlah kurang lebih 1,200 orang atau dosis vaksin selama pelaksanaan. Jumlah itu terdiri dari ibu hamil, kaum disabilitas, lansia dan pelajar usia diatas 12 tahun. vaksinasi Ini juga khusus pemberian dosis pertama berjenis Sinovac,” ujar Kepala Desa Munjul, Yoyo Kuswoyo, disela kegiatan Vaksin.

Yoyo mengatakan, target vaksinasi yang dilakukan Pemdes Munjul dengan target kuota awal hanya 200 dosis, akan tetapi masyarakat sangat antusias sehingga melebihi kuota.

“Warga antusias, hingga melebihi kuota pendaftar pertama mencapai 310 orang, mungkin karena banyak yang belum vaksin pada kegiatan-kegiatan sebelumnya. Sampai melebihi target,” katanya.

Ia menuturkan, vaksinasi tersebut akan terus dilakukan hingga Kabupaten Cianjur sudah mencapai target dan seluruh masyarakat bisa mencapai herd immunity secara komunal.

“Selanjutnya vaksinasi ini akan dilaksanakan dalam rangka mencapai target menuju herd immunity yang ditargetkan Pemerintah Kabupaten Cianjur,” tuturnya.

Semetara itu, pada giat Vaksinasi Bhabinsa Desa Munjul Sertu Adhista didampingi AIPTU Beni Hartono Panit 2 Binmas Polsek Cilaku menjelaskan, Anggota TRACER covid-19 dan Staf Pemdes Munjul didampingi pihak Petugas Kesehatan Puskesmas Kecamatan Cilaku bersosialisasi dan berkoordinasi kepada masyarakat dari 9 RW dan 36 RT.

“Kami bersama tim bersosialisasi dan berkoordinasi hingga dapat menggelar giat vaksinasi ini untuk menyasar ratusan

warga yang belum menjalani vaksinasi. Baik lanjut usia maupun masyarakat umum. Semuanya dapat menerima vaksin dengan baik. Dari 200 kuota yang daftar, hari ini dalam data melebihi kuota atau 323 orang pendaftar,” jelasnya.

Sambung Adhista berharap, dengan cara ini, diharapkan target percepatan pencapaian herd immunity bisa terealisasi sehinga pandemi Covid-19 cepat berlalu.

“Kita bersosialisasi dan memberikan pemahaman pentingnya vaksin ini kepada warga yang sebelumnya tak mau divaksin. Setelah mereka paham akhirnya bersedia divaksin, serta untuk meningkatkan imunitas peserta khususnya masyarakat di Desa Munjul,” pungkasnya.(hry)