Tren Daya Beli ke Pasar Cipanas Masih Menurun

Pasar Cipanas, Kabupaten Cianjur. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Adanya penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di Kabupaten Cianjur beberapa pekan kemarin hingga saat ini, masih berdampak terhadap trend daya beli masyarakat ke pasar rakyat Cipanas.

Salah seorang pedagang pasar Cipanas, Roni (35) mengaku, telah beberapa bulan terakhir hingga saat ini, meskipun telah ada pelonggaran aturan pemerintah, namun masih saja belum berimbas pada daya beli masyarakat khususnya ke pasar Cipanas.

“Mungkin sejak penerapan PPKM pertama hingga sekarang, masih belum ada peningkatan pembeli ke pasar Cipanas. Meskipun sekarang telah diberikan pelonggaran oleh pemerintah terkait PPKM, tapi masyarakat belum begitu menggeliat,” kata dia, Senin (18/10).

Lebih lanjut, kata Roni, imbas belum terjadinya peningkatan hingga saat ini bisa terbilang mencapai 30 persen, dibandingkan dengan tahun sebelumnya di saat belum diterapkan PPKM level oleh pemerintah.

“Apalagi bulan-bulan kemarin, penurunannya bisa mencapai hingga 50 persen atau setengahnya dari bulan normal. Karena mungkin kebanyakan dari warga muslim di bulan Safar itu jarang ada kegiatan keagamaan, jadi secara otomatis daya beli pun ikut berimbas,” ujarnya.

Meski begitu, pedagang sangat berharap ada solusi dan inovasi dari pihak-pihak terkait supaya pasar rakyat Cipanas bisa segera kembali pulih dan ramai lagi.

Kasubbag Tata Usaha Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pasar Cipanas Iman Rohiman mengatakan, adanya penurunan yang berdampak pada daya beli masyarakat hingga saat ini, pihaknya mengaku, sering melakukan upaya-upaya bersama DPP pasar serta unsur lain yang terkait agar segera bisa kembali ramai.

“Hari ini pun kami bersama sejumlah unsur termasuk DPP pasar Cipanas sedang mencoba bermusyawarah untuk mencari solusi supaya bagaimana caranya pasar Cipanas ini dapat ramai lagi dan pengunjung kembali menggeliat,” kata dia.

Di sisi lain, meski upaya pemulihan pengunjung terus digalakkan, tetapi pihaknya pun tetap mengimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan seperti yang telah gencar dilakukan.

“Meski kita semua ingin pasar Cipanas ini ramai, tetapi kami mengingatkan supaya warga yang ke pasar dapat menjalankan prsokes, demi menjaga kesehatan kita bersama,” pungkasnya. (dan)