Dua Rumah di Ciloto Kembali Jadi Sasaran Maling

RADARCIANJUR.com – Aksi pencurian dengan modus menyatroni rumah warga kembali terjadi di Kampung Cinyawar RT 04 RW 02 Desa Ciloto Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, pada Selasa (19/10/2021) dini hari.

Berdasarkan informasi yang diterima, kali ini dua rumah milik Hj Juriah dan Kasman menjadi sasaran maling yang diduga lebih dari satu itu.

Diperkirakan dalam aksinya tersebut, pelaku pencurian berhasil menggondol uang tunai jutaan rupiah, termasuk perhiasan dan barang berharga lainnya dari dua rumah nahas itu.

“Jadi menurut informasi yang didapat dari Ketua RT setempat, bahwa memang telah terjadi lagi aksi pencurian barang berharga di dalam rumah warga. Bahkan kali ini dua rumah sekaligus di Kampung Cinyawar. Padahal sebelumnya pernah dialami warga lain di Kampung Cisuren dengan modus yang hampir sama,” tutur Kepala Desa Ciloto, Marwan, Selasa (19/10).

Lebih lanjut, pencurian dua rumah itupun menurut info yang diterima, terjadi sekitar pukul 02.00 hingga 03.00 WIB, di saat para pemilik rumah kemungkinan sudah tidur pulas. Sehingga para pencuri dengan leluasa melewati belakang rumah dan berhasil naik ke lantai dua bangunan tersebut, yang kemudian mencongkel jendela rumah.

“Kalau rumah milik Hj Juriah dan Kasman kehilangan uang hingga Rp 4 juta beserta beberapa gram emas yang belum diketahui pasti berapa beratnya. Ditambah dua unit handphone milik korban,” ungkapnya.

Marwan menduga, para pencuri yang berhasil menggondol barang berharga kali ini diduga pelakunya masih orang-orang yang sama seperti pada saat terjadinya pencurian beberapa waktu terakhir di Kampung Cisuren.

“Saya curiga pencurian ini pun, pelakunya adalah orang-orang yang sama dengan pencurian tempo hari di Cisuren. Sehingga diduga mereka telah mengenal titik-titik mana yang menjadi sasarannya si maling tersebut,” kata dia.

Atas kejadian tersebut, lanjutnya, Pemerintah desa akan sangat berkoordinasi dengan semua elemen masyarakat, termasuk Bhabinkamtibmas dan Babinsa. Sehingga semua pihak khususnya warga di wilayahnya masing-masing dapat lebih mengaktifkan kembali siskamling.

“Situasi saat ini termasuk waktu yang cukup genting. Oleh sebabnya, mari kita sama-sama lebih menggiatkan lagi ronda malam. Kita jangan sampai lengah, karena ini sudah modus yang sering dilakukan para pelaku khususnya di desa kita ini,” tandasnya.

Sementara itu, Babinkamtibmas Desa Ciloto, Aiptu Yayat Hidayatulloh membenarkan adanya dua rumah warga di wilayah Desa Ciloto yang mengalami kemalingan lagi.

Namun, lanjutnya, kedua korban tak ada laporan ke pihak kepolisian ataupun langsung datang ke Mapolsek.

“Iya betul, tapi gak ada laporan,” singkatnya.

Meski begitu, sebagai pihak kepolisian, dirinya akan segera berkoordinasi dan lebih meningkatkan kewaspadaan bersama Pemerintah dan masyarakat, sebagai bentuk upaya penanganan tindak kriminalitas yang akhir-akhir ini sering terjadi di wilayahnya tersebut.

“Kami akan segera berkoordinasi dengan seluruh elemen warga di Desa Ciloto agar penanganan pencegahan kriminalitas di lingkungan masyarakat bisa segera teratasi,” pungkasnya. (dan)