Dua Pekan Dibulan Oktober 150 Kasus Narkotika Masuk Ke PN Cianjur.

Pengadilan Negeri Kabupaten Cianjur. Foto : Bayu Nurmuslim/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com- Dua pekan di bulan Oktober 2021 angka penyalahgunaan Narkotika kembali naik dan masih menjadi kasus pidana terbanyak yang telah masuk ke ranah Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Cianjur.

Sebelumnya menurut data Humas Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Cianjur berkas narkotika yang diterima pada Jum’at 08/10/2021 sebesar 114 kasus telah masuk ke ranah keputusan persidangan.

Kemudian pada Selasa, 18/10/2021 angka tersebut naik menjadi 150 kasus sehingga jika dirata-ratakan ada 15 kasus perbulannya.

Humas Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Cianjur Donovan Akbar mengatakan, 294 berkas perkara pada Bulan Januari hingga Oktober Tahun 2021 telah masuk ke PN Cianjur dan narkotika masih menjadi kasus yang mendominasi diantara kasus lainnya.

“Rinciannya paling banyak 150 berkas adalah Narkotika,”katanya, Kamis (21/10/2021).

Kemudian kasus kedua terbanyak yakni perlindungan anak dan sisanya berbagai kasus lainnya.

“Perlindungan anak 34 berkas UU kesehatan atau Psikotropika 16 berkas.Sisanya penganiayaan, pencurian, perbuatan tidak menyenangkan dan perzinahan,”terangnya.

Pada kasus Narkotika baik sebagai bandar, penyimpan, atau pemakai rata-rata di dominasi kaum laki-laki yang termasuk usia produktif

“Kasus undang-undang kesehatan dan narkotika di dominasi laki-laki 90 persen dan sisanya wanita 10 persen dengan rentang 30 tahun hingga 40 tahun,”paparnya.

Selain itu beberapa kasus Narkoba yang di tangani terjerat di 3 pasal Undang-undang Narkotika.

“Semuanya rata-rata ada yang terkena pasal 114 sebagai bandar dengan kurungan penjara minimal 5 tahun, Pasal 112 minimal 4 tahun sebagai orang yang menyimpan Narkotika, kemudian pasal 127 maksimal 5 tahun bagi pemakai,”pungkasnya (byu)