Cianjur Terima Alat Pakan Ikan Berbasis Ponsel Pertama di Indonesia

LEBIH MUDAH: Efishery atau alat pemberi pakan ikan hanya dengan menggunakan ponsel dan juga tenaga surya diberikan Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno di Desa Inovatif Sukamanah Kecamatan Karangtengah. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Pertama di Indonesia. Cianjur menerima bantuan berupa alat pakan ikan otomatis berbasis ponsel dan tenaga surya dari Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno pada saat meresmikan Desa Inovasi di Desa Sukamanah KEcamatan Karangtengah. Alat pakan otomatis tersebut diberi nama Efishery yang diserahkan untuk pembudidaya ikan koi di Desa Sukamanah.

Alat tersebut diserahkan ke Kabupaten Cianjur bukan tanpa alasan. Cianjur dikenal sebagai pemasok ikan hias di level nasional hingga internasional. Sehingga sangat diperlukan inovasi agar dapat bersaing.

“Salah satu alat inovasi yang kami berikan adalah eFishery yaitu alat untuk mengatur jadwal & jumlah pemberian pakan dengan berbasis internet dan handphone yang menggunakan sumber energi tenaga surya” ujar Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno

Lanjutnya, Desa Inovasi Sukamanah menjadi desa pertama yang menggunakan alat inovasi pakan ikan dan filter air kolam berbasis ponsel dan menggunakan tenaga surya sebagai sumber listriknya.

Menurut Sekjen DPP Partai Amanat Nasional (PAN) ini berharap, Cianjur bisa bersaing dengan daerah lainnya dengan inovasi yang sudah disediakan.

“Karena pasarnya yang semakin luas, budidaya ikan hias di Cianjur juga harus semakin inovatif agar bisa terus bersaing di pasar nasional, bahkan internasional,” ungkapnya.

Selain bantuan feeder pakan ikan otomatis dan filter air, diserahkan juga bantuan berupa satu paket pembangkit listrik tenaga surya, empat paket lampu tenaga surya, dua aerator, satu pompa air, satu tandon penampung dan satu alat pengukur kualitas air.

Untuk mempermudah akses pemasaran ikan koi secara online, diberikan bantuan juga berupa Internet Access Point (Wifi) yang berupa modem dan router di lokasi.
Bahkan, pria yang disapa Kang Eddy ini pun memberikan bantuan modal usaha berupa lima paket indukan koi unggul, 100 ekor ikan koi ukuran 10-15 sentimeter serta 200 kilogram pakan ikan.

Diharapkan adanya bantuan modal usaha tersebut bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk perputaran usaha kelompok Berkah Jaya Tani di Desa Sukamanah

Diketahui, turut hadir mendampingi Eddy dalam kegiatan tersebut Ketua DPD PAN Cianjur, Herlan Hermansyah; Anggota DPRD Cianjur Fraksi PAN, Yoga Natanusya dan segenap jajaran pengurus PAN Cianjur. (kim)