Peduli Anak Yatim di Masa Pandemi

DISANTUNI: Sejumlah Anak Yatim di wilayah Kecamatan Mande diberikan santunan.

RADARCIANJUR.com – Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Mande merupakan salah satu unit UPK yang mengelola operasional kegiatan PNPM Mandiri.

Salah satu program kegiatan yang dilakukan UPK Mande di musim pandemi Covid-19 yakni menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Salah satunya melaksanakan santunan anak yatim yang diberikan secara estapet melalui Pemerintah Desa yang ada di Kecamatan Mande Cianjur.

“Penyaluran bantuan Santunan Anak Yatim ini berbeda dari tahun sebelumnya, karena sudah dua tahun lalu juga masih di masa pandemi covid-19. Jadi kami serahkan bantuan melalui Desa-desa se-Kecamatan Mande dan disalurkan langsung oleh desa tersebut untuk menghindari kerumunan dan tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan dan mentaati 5M,” ujar Ketua UPK Kecamatan Mande, Yadi Hendarsyah, Senin (18/10/2021).

Yadi menjelaskan, data jumlah penerima manfaat dari semua Desa Se-Kecamatan Mande itu, bervariatif tergantung jumlah anak yatim yang akan disantuni.

“Jumlah anak yatim setiap tahun selalu berbeda. Alhamdulillah, di tahun ini kami UPK mande menyalurkan santunan paket sembako dan uang tunai sebanyak 754 anak yatim, ini data dari seluruh desa yang ada,” katanya.

Yadi menambahkan, tujuan santunan untuk meringankan kehidupan anak yatim sehingga mereka sedikit terbantu apalagi mereka harus menghadapi pandemi tak belum tahu kapan berakhir.

Yadi berharap, dengan kegiatan ini bisa memberikan semangat bagi anak yatim dan meningkatkan motivasi dalam mengarungi hidup di masa pandemi dan untuk UPK sendiri bisa menjadi keberkahan dalam pengelolaan dana bergulir dan menjadi solusi keuangan masyarakat di masa pandemi.

“Semoga mendapatkan ridho dan keberkahan serta menjadi hikmah dari kegiatan santunan anak yatim. Momentum ini juga sekaligus dalam rangkaian Milad UPK Mande yang ke-18 tahun, yang mengambil tema berbagi di masa pandemi,” pungkasnya.(hry/ndk)