Helm Ramah Lingkungan Disebar ke Ojol dan Opang di Cianjur

INOVASI TERBARU: Ramah lingkungan helm hasil dari daur ulang serat kelapa sawit dan polimer akrilonitril. (Foto Istimewa)

RADARCIANJUR.com- Hasil daur ulang polimer Akrilonitril Butadiena Stiren (ABS) dan serat Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) saat ini disulap menjadi sebuah alat pelindung kepala. Ya. Helm yang biasa digunakan oleh pengendara roda dua.

Helm tersebut diberi nama Green Composite (GC) Helmet atau Helm Composite. Komposisi TKKS dalam helm ini sebanyak 20 persen dari total bahan baku. Sedangkan 80 persen lainnya menggunakan bahan polimer ABS.

Puluhan helm tersebut pun dibagikan secara cuma-cuma kepada ojek online dan ojek pangkalan di Cianjur. Program bantuan tersebut merupakan program aspirasi Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno yang bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

“Program aspirasi Kang Eddy berupa bantuan GC helmet ini sebagai bentuk perhatian dan dukungan kita kepada teman-teman ojek,” ujar Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno.

Bantuan GC helmet ini dibagikan Eddy kepada komunitas ojol SF Warujajar Cianjur dan ojek pangkalan alun-alun Sindangbarang, Cianjur.

“Di Cianjur dan Cianjur Selatan saya silaturahmi dengan para pejuang keluarga ini. Alhamdulillah, mereka berkenan menerima GC helmet ini yang disiapkan khusus untuk mereka,” tuturnya.

“Sehingga jauh lebih ramah lingkungan karena mampu mereduksi limbah. Namun, tentu saja helm ini kuat dan tahan benturan. Helm ini juga menyerap energi tumbukan, sehingga mengurangi risiko cedera kepala,” sambungnya.

Helm ini menjadi helm inovasi pertama di Indonesia dan telah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan American Standard Testing and Material (ASTM).

“Terima kasih sudah memberikan kesempatan bagi saya untuk ikut membantu. Semoga bermanfaat,” tutupnya. (kim)