Jangan Euforia, Hindari Gelombang Ketiga

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau vaksinasi.

RADARCIANJUR.com – Turunnya angka penyebaran Covid-19 harus menjadikan masyarakat waspada.

Ini dilakukan untuk menghindari gelombang ketiga Covid-19 yang saat ini sedang terjadi di sejumlah negara di dunia. Karena itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajak semua pihak bersama-sama menjaga angka Covid-19 di Jawa Barat agar tetap terus menurun.

Sosok yang akrab disapa Kang Emil itu mengingatkan agar semua pihak tidak euforia berlebihan meski angka Covid-19 menunjukkan penurunan drastis. “Jangan euforia sebelum proklamasi kemerdekaan Covid-19 dikumandangkan Presiden,” tegasnya.

Oleh karena itu, Kang Emil pun mengingatkan supaya protokol kesehatan (prokes) harus terus diperkuat seiring dengan dibukanya kegiatan ekonomi secara perlahan.

“Pelan-pelan kegiatan pariwisata dibuka asal bertanggung jawab. Seperti kuota kan kadang suka ada yang curi-curi, ada sertifikat vaksin palsu, yang seperti itu harus diawasi,” pesannya.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menyatakan, angka Covid-19 di Indonesi saat ini memang terus menurun dan memasuki fase endemi.

Akan tetapi, kondisi ini justru harus membuat masyarakat menjadi semakin waspada dan jangan sampai lengah.

Sebab, bukan tidak mungkin euforia yang berlebihan, malah akan memicu naiknya penularan dan penyebaran Covid-19.

Prof Wiku mengingatkan semua pihak agar tidak lengah dan terus meningkatkan kewaspadaan.

Apalagi, sejumlah negara saat ini tengah menghadapi puncak ketiga.

Salah satu upaya pencegahan yang dilakukan pemerintah adalah menggenjot vaksinasi Covid-19.

“Saat ini Indonesia termasuk dalam lima besar negara dengan jumlah penduduk yang divaksinasi terbanyak, yaitu 106 juta orang,” tandasnya.(cep)