Modus Isi Bensin, Pria Apes Jambret Petugas SPBU Panembong

Sejumlah petugas Satlantas Polres Cianjur amankan seorang pria yang melakukan percobaan penjambretan di SPBU Panembong, Cianjur. (Foto: Istimewa)

RADARCIANJUR.com -Ada-ada saja aksi kriminal yang dilakukan pria satu ini. Ya aksi percobaan penjambretan uang pada seorang petugas pengisian bahan bakar minyak (BBM) terjadi di sebuah SPBU Panembong Cianjur, Minggu (24/10) sekitar pukul 09.00 WIb.

Kanit Turjawali Satlantas Polres Cianjur, Ipda Hadi Kurniawan menuturkan, percobaan penjambretan itu dilakukan seorang pria yang diketahui warga Ciherang, Pacet bernama AH (37).

“Jadi sekitar pukul 09.00 WIb, kami melakukan pengejaran terhadap seorang pria yang merupakan pelaku penjambretan terhadap petugas SPBU Panembong, setelah adanya informasi dari masyarakat yang meneriaki pria apes tersebut maling, karena ingin mencuri uang,” tutur Hadi, Minggu (24/10) siang.

Pelaku kemudian berhasil ditangkap di Jalan Dr Muwardi (By Pass) dekat tugu Tauco kota Cianjur, hingga akhirnya diamankan petugas kepolisian dari Satlantas Polres Cianjur.

“Setelah dilakukan pengejaran, kami akhirnya berhasil mengamankan pria apes itu ke TMC Tugu Gentur yang selanjutnya diproses Polsek Cianjur Kota atas pencurian uang tunai setoran di SPBU Panembong tersebut,” terang Hadi.

Adapun barang bukti yang diamankan petugas, yakni sepeda motor Honda Beat warna putih merah dengan nomor polisi F 4611 WC. “Jadi si pelaku tersebut belum berhasil menjambret uang setoran petugas SPBU itu. Namun kami tetap mengamankannya berikut barang bukti kendaraan yang dilakukan untuk melancarkan aksinya,” ungkapnya.

Pelaku percobaan pencurian tersebut, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 362 KUHP yakni barangsiapa mengambil sesuatu barang yang sama sekali atau sebagian termasuk kepunyaan orang lain, dengan maksud akan memiliki barang itu dengan melawan hak, dihukum karena pencurian, dengan hukuman penjara selama-lamanya 5 tahun.

Petugas yang melakukan pengejaran dan mengamankan pelaku percobaan pencurian diikuti oleh KBO Lantas, Kanit Turjawali, bersama sejumlah anggota Polres Cianjur lainnya.(dan)