Setda Cianjur Berikan Penyuluhan Sadar Hukum di Cipendawa

Kabag Hukum Setda Cianjur sedang memberikan penyuluhan sadar hukum kepada masyarakat di Desa Cipendawa. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Pemerintah Kabupaten Cianjur melalui Bagian Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Cianjur memberikan penyuluhan sadar hukum kepada puluhan elemen masyarakat yang berlangsung di Aula Desa Cipendawa, Kecamatan Pacet, Cianjur, Senin (25/10/2021).

Asisten Daerah (Asda) 1 Kabupaten Cianjur, Arief Purnawan mengatakan, dalam sosialisasi seperti ini tentu diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat terutama yang ada di daerah hingga ke desa-desa terkait sadar hukum.

“Ini merupakan upaya pencegahan yang dilaksanakan pemerintah kepada masyarakat untuk lebih memahami secara maksimal arti kesadaran hukum yang ada di negara ini. Sehingga dapat membangun sinergitas dalam upaya meningkatkan keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing,” tuturnya.

Kepala Bagian (Kabag) Hukum Setda Kabupaten Cianjur, Mokhamad Irfan Sopyan menambahkan, setelah dilakukannya penyuluhan terkait kesadaran hukum di Cipendawa ini, kedepan pihaknya akan membuat akselerasi tentang desa sadar hukum di seluruh desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Cianjur.

“Jadi nanti setelah sosialisasi ini, kami di Bagian Hukum Setda Cianjur bakal membentuk desa sadar hukum di 360 desa dan kelurahan yang telah ditetapkan oleh pemerintah Kabupaten Cianjur,” ujarnya.

Tak hanya itu, sosialisasi tentang kesadaran hukum pun disampaikan pula oleh Pengadilan Agama Kabupaten Cianjur melalui Wakil Ketua PA Cianjur, H. Abdul Majid. Dalam kesempatan tersebut, ia mengatakan bahwa masyarakat tentunya perlu memahami bagaimana aturan hukum salah satunya tentang pernikahan.

Karena menurutnya, penting diketahui, di saat masyarakat melakukan pernikahan, tentunya itu harus betul-betul tercatat secara aturan. Sehingga dapat memberi manfaat oleh warga itu sendiri dan memiliki kekuatan hukum yang berlaku.

“Jadi intinya dari penyuluhan ini kami berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat arti pentingnya pencatatan secara hukum salah satunya tentang pernikahan,” kata dia. (dan)