Kejar Herd Immunity, Lantamal III Konsisten Gelar Vaksinasi di Batulawang

Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto beserta jajaran yang didampingi pemerintah setempat sedang meninjau pelaksanaan vaksinasi di Desa Batulawang. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Upaya mewujudkan herd immunity, Pangkalan Utama TNI-AL III Jakarta yang bekerjasama dengan pemerintah setempat, kembali menggelar vaksinasi Covid-19 di kawasan kantor Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Selasa (26/10/2021).

Tak kurang dari 1000 warga Batulawang dan sekitarnya mengikuti vaksinasi nasional secara gratis, aman dan halal dengan tetap mengedepankan pelayanan yang optimal dan humanis serta mematuhi prosedur kesehatan yang berlaku.

Asisten Bidang Potensi Maritim (Aspotmar) Kepala Staf Angkatan Laut Mayor Jenderal TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto mengatakan, serbuan vaksinasi ini dilaksanakan demi membantu mensukseskan program pemerintah dalam bidang kesehatan, agar masyarakat khususnya di Batulawang, Cipanas, Cianjur dan sekitarnya dapat terjaga imun tubuh dari virus Covid-19.

“Kami dari tenaga kesehatan Lantamal III yang bekerjasama dengan pemerintah setempat berupaya mewujudkan herd immunity masyarakat Cianjur sebagai salah satu wilayah aglomerasi sasaran serbuan vaksin nasional yang dianjurkan pemerintah dengan prosentase tervaksin belum terpenuhi sesuai target,” ujarnya, Selasa (26/10).

Lebih lanjut, Mayjen Widodo mengatakan, adanya vaksinasi ini merupakan ikhtiar dan wujud nyata serta komitmen TNI dalam membantu mempercepat program pemerintah secara nasional sesuai yang diperintahkan kepada Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono kepada seluruh jajaran TNI AL.

“Jadi selain melaksanaan program pemerintah terkait vaksinasi, kami juga membagikan sembako sebanyak 1000 paket kepada masyarakat yang sudah menjalani vaksinasi,” katanya.

Komandan Lantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq menambahkan, bahwa jajaran TNI akan siap melayani masyarakat yang datang di gerai vaksin khususnya di Desa Batulawang Cipanas ini oleh para tenaga kesehatan dari Lantamal III beserta tim vaksinator lainnya.

“Kami siap melayani masyarakat yang datang untuk mengikuti vaksinasi, termasuk kami pun siap membantu secara door to door atau jemput bola dengan menggunakan sepeda motor dalam mempercepat vaksinasi, guna menjangkau masyarakat yang tinggal di perbukitan dan gunung-gunung,” tuturnya.

Selain itu, dalam program vaksinasi saat ini, Lantamal III TNI-AL memberikan apresiasi serta hadiah kepada masyarakat yang telah bersedia untuk dilakukan vaksinasi Covid-19.

“Jadi kita tahu bahwa pandemi ini telah berdampak terhadap ekonomi masyarakat, maka dari itu kita peduli dan ingin berbagi kepada masyarakat. Mudah-mudahan apa yang kita berikan itu bisa sedikit membantu meringankan beban mereka,” pungkasnya. (dan)