Jaring Bibit-bibit Atlet Pencak Silat, Perguruan Paguron Gelar Turnamen

Foto : kegiatan Turnamen yang diselenggarakan Perguruan Paguron.

RADARCIANJUR.com- Perguruan Paguron Cahaya Paroman menggelar turnamen pencak silat Ingpayagung ke VI di kompleks Pondok Pesantren Bina Ahlak Desa Babakankaret, Kecamatan Cianjur Kota.

Diketahui Perguruan Paguron Cahaya Paroman memiliki 17 kontingen yang tersebar di sejumlah daerah. Namun, tahun ini tidak semua kontingen ikut bertanding.

Ketua Pelaksana, Muhammad Yunus mengatakan, kondisi Pandemi membuat pelaksanaan tidak bisa di ikuti semua kontingen.

“Karena kondisi sekarang karena Covid-19 hanya sebagian kontingen yang mengirimkan, yaitu 13 kontingen,”tuturnya.

Menurutnya, Kontingen tersebut berasal dari Bogor, Cianjur, Ciamis, dan Bandung dengan total peserta 398 orang.

“Mereka bertanding dengan dua kategori yaitu prestasi (tarung) dan seni. Tujuannya kita pertama ajang silaturahmi, terus yang kedua sekaligus ajang prestasi jadi masing-masing unit, cabang, dan ranting berkumpul di sini”terangnya.

Pihaknya menggelar pertandingan ini selama enam hari sejak Selasa (26/10/2021) kemarin. Meskipun, pembukaan turnamen ini baru dilaksanakan hari ini.

“Pertandingan sudah digelar sejak kemarin karena mengejar waktu,”paparnya.

Ia menyebut, para juara turnamen ini tidak semata-mata mendapatkan hadiah, namun juga akan diakomodir agar bisa bertanding di ajang pencak silat mulai tingkat daerah hingga nasional.

“Jadi kalau ada event kita sudah ada kandidat untuk mengirimkan. Sebelumnya sudah banyak dari tingkat kabupaten provinsi, nasional sudah ada,”jelasnya.

Yunus berharap, turnamen Ingpayagung tahun depan bisa berjalan lebih baik dengan peserta yang lebih banyak. Namun, pihaknya lebih berharap ada bantuan dalam sarana dan prasarana.

“Saya berharap, tempat kita memadai. Kita sudah susah payah tapi ternyata tempat tetap masih kurang, jadi ingin menambah kualitas dan sarana prasarana,”pungkasnya.

(byu)